Tanya Dokter

  • Kondisi yang terjadi pada penis dan cara mengobatinya

  •  wijayanti
    Anggota

    selamat pagi dok , saya ingin bertanya ...

    setelah berhubungan dengan pasangan saya,saya merasa ada yang aneh pada penis pasangan saya ... setelah berhubungan , 2-3 hari penis pasangan saya warna nya seperti menghitam dan sedikit layu .  kalau sudah seperti itu , dia langsung minum obat azitromocin ,tapi tidak ada apa apa dengan saya. saya tipekal orang yang bersih , yang selalu mengganti pakaian dalam yang bersih , bahkan 1 hari bisa 2-4 kali kalau dirasa tidak aman .. tetapi memang ada gejala seperti benjolan yang membuat gatal di kulit ..

    itu penyakit apa yah dok ?? bagaimana cara mengatasi nya agar tidak berulang kejadian nya.. apa dari saya atau dari pasangan saya ...terima kasih

    Halo Wijayanti, Penis yang hanya berubah warna menjadi "seperti menghitam" dan "sedikit layu" bisa dibilang tidak terlalu mengindikasikan Penyakit Menular Seksual (PMS). Hal ini adalah hal yang wajar setelah melakukan hubungan seksual, penis yang tadinya ereksi menjadi lemas, sehingga kulit yang menegang menjadi seperti biasa lagi dan menimbulkan gejala seperti diatas yaitu sedikit menghitam dan layu. Tidak perlu meminum azithromicin jika mengalami hal seperti ini, karena dapat menyebabkan resistensi/kekebalan bakteri terhadap antibiotik dan menimbulkan efek samping dari antibiotik. Segera periksakan diri ke dokter spesialis kulit dan kelamin jika terjadi:

    • Rasa nyeri atau terbakar pada penis ketika buang air kecil
    • Keluar lendir dari ujung penis seperti nanah
    Berikutnya anda mengalami masalah benjolan disertai gatal pada kulit sekitar vagina. Hal ini dapat mengarah terhadap PMS jenis kutil kelamin dimana penyebabnya adalah human papillomavirus (HPV). Ada baiknya anda memeriksakan diri ke dokter spesialis kulit dan kelamin agar mendapat pemeriksaan dan pengobatan yang tepat. Jangan menggunakan obat sembarangan dengan mencari di internet, karena diagnosa ini belum 100% dapat ditegakkan. Berikut tips untuk anda:
    • Setia kepada pasangan
    • Gunakan kondom jika berhubungan dengan pasangan lain (ini tidak 100% melindungi juga, setidaknya akan melindungi dari PMS lainnya)
    • Vaksin HPV
    Diskusi ini mungkin bermanfaat. Semoga membantu, Dr. Yosephine U. L. Simanungkalit

    wijayanti  wijayanti
    Anggota

    terima kasih atas jawaban nya ,, tapi kalau terdapat seperti sariawan kecil di dalam kepala penis itu kenapa dok ?? apa karena terlalu sering mengeluaran cairan dok??

    Hallo sis bantu jawab itu bisa jdi kutil kelamin sis.. sebaik nya diperiksa aja sis ke dokter sp.kk. karna saya punya teman dan sama kayak gitu

    wijayanti  wijayanti
    Anggota

    terima kasih olivia .. kira kira tau dokter kulit yang bisa sekalian suntik penisiliin kalo hal itu mengarah ke sifilis ...