Tanya Dokter

  • Tanda kehamilan

  •  Devva Riyanti
    Anggota

    Maap dok saya mau tanya. saya kan haid udah 2 bulan ke belakang tepat d tgl 27 saja . dan bulan kmren saya haid tglb27okt.. dan setelah beres haid itu sekitar tgl 2nov saya melakukan hub sama suamii .. Apakah selanjutnya nnti bisa di nyatakan hamil dok ,?

    Hai Devva, Hubungan intim yang dilakukan beberapa hari setelah menstruasi umumnya memiliki peluang yang lebih kecil untuk terjadinya menstruasi. Namun kehamilan masih dapat terjadi, terutama bila Anda memiliki siklus menstruasi yang pendek atau tidak teratur. Untuk saat ini belum dapat dipastikan apakah Anda mengalami kehamilan atau tidak. Anda dapat melakukan pengamatan dan menunggu hingga jadwal menstruasi berikutnya. Bila terjadi menstruasi seperti biasa maka artinya tidak terjadi kehamilan. Namun bila Anda mengalami keterlambatan menstruasi maka sebagai deteksi awal Anda dapat melakukan tes kehamilan dengan testpack. Pemeriksaan testpack dapat mendeteksi kehamilan secara sederhana melalui tes urine, dan pemeriksaannya sudah dapat dilakukan sejak hari pertama terlambat menstruasi. Jika hasilnya negatif maka pemeriksaan dapat kembali diulang 1 minggu kemudian. Selain itu untuk memastikan adanya kehamilan dapat dilakukan pemeriksaan USG oleh dokter. Bila dari hasil pemeriksaan Anda tidak mengalami kehamilan sedangkan Anda dan suami ingin merencanakan kehamilan, maka tips berikut ini dapat dilakukan untuk meningkatkan kemungkinan terjadinya kehamilan:

    • Lakukan hubungan intim pada saat masa subur (untuk mengetahui cara menghitung masa subur Anda dapat membaca topik menghitung masa subur wanita setelah haid)
    • 3 hari sebelum masa subur sebaiknya Anda dan suami berpantang seks, tujuannya adalah untuk menjaga kualitas dan kuantitas sperma. Baru kemudian hubungan intim dilakukan setiap hari pada saat masa subur.
    • Di luar masa subur hubungan intim sebaiknya dilakukan secara teratur 3-4 kali dalam seminggu untuk meningkatkan peluang kehamilan
    • Beristirahat yang cukup dan tidur yang cukup
    • Jangan terlalu lelah, batasi aktivitas fisik yang berat
    • Konsumsi makanan yang bergizi seimbang
    • Hindari konsumsi alkohol dan rokok
    • Berolahraga secara rutin
    • Meminimalisir stres
    Informasi berikut ini dapat berguna: Tes awal kehamilan dengan testpack Tips jitu cara cepat hamil Demikian semoga bermanfaat. dr. Muliani Sukiman

    Devva Riyanti  Devva Riyanti
    Anggota

    terima kasih dok atas sarannya .. tapi dok haid saya kan nanti bulan ini tgl 27 .. terus smlem saya melakukan hub intim ,apa ada kemungkinan hamil nanti nya dok ,?

    Devva Riyanti  Ashari Wijaya
    Anggota

    Pagi dok mau nanyak .. saya sudah 7 bulan pas keguguran tidak dikirate sbelum keguguran perna periksa usg pas hamil 3bulan katanya kehamilan tdk bisa di pertahankan karna tidk akan berkembang apa penyebab semua itu ya dok? Apakah berbahaya kpada sya? Apakah resiko untuk saya hamil kembali?