Tanya Dokter

  • Nyeri perut bagian bawah apakah tanda hamil?

  •  Putrirachman
    Anggota
    Assalamu alaikum dok... Saya nikah bru 4 bulan,tapi 2 minggu ini banyak perubahan dari diri saya dok. Payudara saya makin besar prut bawah pusar biasa skit smpai blkng,trus tiap krj klo berdiri cpt cape'. Tanggal menstruasi saya tiap tggl 15 itu rutin. Mohon solusinya dok...😢😢 Saya takut kalo saya sakit

    Hai Putrirachman,

    Pada saat wanita mengalami kehamilan memang dapat timbul gejala tertentu seperti terlambat menstruasi, mual dan muntah, payudara sensitif, kram perut dan sebagainya. Namun perlu dipahami bahwa semua gejala tersebut bukanlah merupakan tanda pasti kehamilan. Artinya gejala yang timbul dapat saja disebabkan oleh faktor yang lain di luar kehamilan. Oleh karena itu ada atau tidaknya kehamilan tidak dapat ditentukan hanya berdasarkan gejala yang timbul. Untuk mendeteksi dan memastikan adanya kehamilan tentunya diperlukan pemeriksaan medis, yaitu dengan tes urine, tes darah dan USG.

    Jika Anda mencurigai adanya kehamilan maka sebagai deteksi awal Anda dapat melakukan tes kehamilan di rumah dengan testpack. Namun pemeriksaan testpack sebaiknya dilakukan bila sudah terjadi keterlambatan menstruasi. Gunakan urine pertama pada pagi hari dan pastikan tes dilakukan dengan benar sesuai dengan petunjuk pemakaian. Jika hasilnya negatif maka tes dapat kembali diulang 1 minggu kemudian untuk memastikan hasilnya .

    Namun demikian, perlu diketahui bahwa nyeri perut bagian bawah seperti yang Anda alami dapat pula disebabkan oleh kondisi medis yang lain, seperti gangguan pada organ reproduksi (kista ovarium, radang panggul), kelainan sistem saluran kemih (infeksi saluran kemih, infeksi ginjal, batu ginjal) ataupun masalah pada saluran pencernaan (radang usus, sindrom iritasi usus, gangguan usus besar).

    Bila ada keraguan mengenai kondisi yang Anda alami saat ini, atau jika keluhan terus berlanjut, maka ada baiknya Anda menemui dokter agar dapat diperiksa lebih lanjut. Tes penunjang seperti USG atau tes darah mungkin dapat dianjurkan oleh dokter jika diperlukan untuk menelusuri penyebabnya lebih jauh. Dengan demikian maka penanganan yang tepat dapat diberikan bagi Anda sesuai dengan kondisi dasarnya.

    Berikut ini anjuran bagi Anda:

    • Beristirahat cukup dan konsumsi makanan yang bergizi seimbang untuk menjaga daha tahan tubuh
    • Batasi aktivitas fisik yang berat dan jangan terlalu lelah
    • Hindari konsumsi makanan yang pedas, berlemak, atau menimbulkan gas
    • Minum cukup air putih 2-3 liter sehari
    • Meminimalisir stres


    Artikel berikut ini memuat informasi yang terkait:

    Gejala awal kehamilan         
    Tes awal kehamilan dengan testpack             
    Penyebab sakit perut bagian bawah

    Demikian semoga bermanfaat.

    dr. Muliani Sukiman