Tanya Dokter

  • tanda kehamilan

  • hi dok,

    saya ratna dan baru menikah 2 bln lalu.

    terakhir saya berhubungan hari senin lalu (14 nov 16) dan saat itu saya dalam kondisi 2 hari setelah haid.

    untuk siklus menstruasi saya setiap bln di tanggal 4 - 10.

    dan sejak kemarin sore saya merasa mual hebat,mood makan menurun,pusing,buang kecil terus dan mual jika mencium bau yang aneh2.

    tetapi tadi pagi saya coba untuk testpack masih negatif dok.

    apakah ini hanya suges atau saya terlalu dini mengecek nya.

     

    terima kasih banyak dok.

     

    Dear Ratna, Hubungan seksual yang dilakukan di luar masa subur kecil kemungkinan untuk menjadi hamil. Namun pada sebagian kecil wanita dapat terjadi kehamilan, yaitu bila siklus menstruasinya pendek atau tidak teratur. Gejala yang Anda alami bukanlah tanda pasti kehamilan. Tanda pasti kehamilan dapat diperoleh mulai minggu kelima hingga ketujuh setelah pembuahan, yaitu melalui pemeriksaan USG di mana akan terlihat kantong kehamilan yang berisi janin. Sebelum itu, skrining kehamilan dapat dilakukan dengan melakukan pemeriksaan testpack. Anda dapat menunggu hingga mengalami satu hari keterlambatan menstruasi. Bila hasilnya negatif, ulangi seminggu lagi. Bila hasil kedua tetap negatif, kemungkinan Anda tidak hamil. Anda dapat berkonsultasi dengan dokter kandungan. Penelusuran gejala dan pemeriksaan fisik akan dokter kerjakan. Pemeriksaan penunjang seperti tes darah dan USG dapat dokter anjurkan dan lakukan. Terapi yang sesuai akan dokter berikan. Anjuran yang dapat Anda lakukan:

    • hindari menjalani diet ketat yang bertujuan menurunkan berat badan secara drastis
    • hindari melakukan aktivitas fisik berlebihan dan olahraga berat
    • manajemen stres dengan bijak
    • atur berat badan agar ada dalam kisaran normal
    Artikel yang dapat Anda baca: Proses pembuahan Tanda-tanda kehamilan Tes awal kehamilan dengan testpack Penyebab menstruasi terlambat Semoga bermanfaat dan salam, dr. Rony Wijaya