Tanya Dokter

  • Tanda kehamilan dan keluar bercak darah

  •  CindyMarina
    Anggota
    Hallo dok, saya berumur 22th dan sudah menikah. Februari kemarin sekitar tgl 10-16 (disaat masa subur) saya dengan suami melakukan sx tapi tidak sampai hb. Saya melakukan hampir rutin karna kami sedang liburan. Kami menunda momongan. Normalnya saya mens terakhir 25januari. Lalu februari kemarin saya tidak mens sama sekali. Malah keluar keputihan berwarna coklat. Tapi tanggal 1 maret kemarin saya mens. Sampe tanggal 6 namun tanggal 4sempat berhenti, lalu ada lagi. Setelah hari keenam keputihan warna coklat lagi. Yg ingin saya tanyakan, apa saja tanda kehamilan dan apa bedanya bercak darah hamil dengan menstruasi? Kebetulan mens saya sudah tidak teratur 2bulan belakangan ini. Dan saya merasa tanda kehamilan hanya cepat lelah saja. Bak masih normal, bab cenderung sering. Atau mungkin haid td teratur karna usia saya yg masih terbilang muda? Terimakasih.

    Hai Cindy, terima kasih untuk pertanyaannya.

    Sebagai informasi, apabila Anda telah mengalami menstruasi bulan ini, maka dapat dipastikan bahwa bercak darah sebelumnya bukan merupakan tanda dari kehamilan. Bercak darah yang keluar diluar masa menstruasi dapat disebabkan oleh:

    • Stres berlebihan
    • Gangguan penggumpalan darah
    • Infeksi panggul
    • Ovulasi/pelepasan sel telur dari indung telur, bercak darah dapat terjadi di tengah siklus menstruasi
    • Sindrom ovarium polikistik, terdapat kista kecil di dalam indung telur
    • Polip atau fibroid pada rahim

    Siklus menstruasi yang tidak teratur dapat disebabkan oleh banyak hal, diantaranya: stres, peningkatan aktivitas, berat badan yang menurun drastis, obesitas, penggunaan kontrasepsi, dan gangguan hormon. Terlambat menstruasi tidak selalu merupakan tanda kehamilan. Untuk mengetahui apakah Anda hamil atau tidak, Anda dapat memperhatikan tanda-tanda kehamilan dalam artikel berikut ini atau melakukan tes kehamilan dengan menggunakan testpack. Testpack mengukur kadar hormon hCG di dalam urin. Hormon ini mulai terdeteksi seminggu setelah pembuahan (atau setidaknya 1-2 minggu setelah berhubungan seksual). Hasil tes lebih akurat jika menggunakan urin dipagi hari (karena lebih pekat). Jika hasil meragukan, Anda dapat mengulangi tes ini 1 minggu kemudian atau berkonsultasi dengan dokter spesialis kandungan, terutama jika masalah menstruasi terus berlanjut.

    Artikel mengenai membedakan tanda kehamilan dan pms dapat dibaca sebagai tambahan.

    Sekian, semoga bermanfaat.

    dr. Sonia L