Tanya Dokter

  • Hampir seluruh punggung bayi dipenuhi tanda lahir berwarna biru kemerahan

  •  yara
    Anggota

    saya mau tanya, di bagian punggung bayi saya ada seperti tanda lahir tapi warnanya biru seperti lebam dan ada yang  agak kemerahan merah an, dan itu banyak,, hampir di seluruh punggung , apakah itu normal??

    yara  yara
    Anggota

    azalea septi May 22, 2015 at 4:04 pm saya mau tanya, di bagian punggung bayi saya ada seperti tanda lahir tapi warnanya biru seperti lebam dan ada yang agak kemerahan merah an, dan itu banyak,, hampir di seluruh punggung , apakah itu normal??
     

    Hai Yara Kebiruan pada kulit bayi bisa disebabkan antara lain:

    • Tanda lahir, bercak kebiruan bisa pada pantat, punggung dan leher. Ini disebut sebagai Mongolian spot. Merupakan hal yang normal, tidak memerlukan tindakan apapun. Biasanya akan hilang sendiri, namun dapat juga menetap sampai dewasa.
    • Hemangioma (tumor pembuluh darah). Biasanya kemerahan agak menonjol dan bergerombol seperti buah strawberry, dapat juga berwarna kemerahan dan kebiruan. Biasanya akan hilang dengan sendirinya, namun jika besar diperlukan penanganan.
    • Gangguan pembekuan darah atau pembuluh darah. Kebiruan disebabkan oleh lebam akibat mudahnya perdarahan pada kulit.
    Untuk memastikannya Anda sebaiknya ke dokter untuk dilakukan pemeriksan langsung. Mengenai tanda lahir dapat Anda baca pada artikel dibawah ini: Tanda lahir pada bayi. Semoga membantu ya. Terima kasih. dr.Yan william