Tanya Dokter

  • Tanda menstrasi atau kehamilan

  • Selamat siang dok aku mau tanya ?? aku sudah menikah ! Seharus nya tanggal 16 December 2014 ini aku haid , tapi ko sekarang belum haid juga -_- Ya emang belum telat , cuma badan aku udah ngerasa ga enak dok apalagi di bagian perut kanan kiri bawah yang beberapa hari ini sering kram kesemutan , pinggang dan pinggul juga kerasa pegal dan sakit banget dok :( Badan juga lemas , payudara sakit , mual tapi ga muntah , pusing ! Sedangkan tandatanda menstruasi dan kehamilan itu hampir sama ! Sebelumnya aku ga pernah dok kalau mau haid sakit seperti ini , tolong jawaban nya yah dok ! Terimakasih :)

    Tolong dong dokter jawaban nya :(

    Mohon jawaban nya yah dok !

    Dede Ananda Rohman  Dr. Liyadi
    Anggota

    Hai, Mengenai kehamilan,anda dapat membuka halaman berikut : http://www.alodokter.com/merencanakan-kehamilan http://www.alodokter.com/apakah-saya-hamil Memang ada kemungkinan Anda hamil apabila Anda aktif berhubungan seksual tanpa metode kontrasepsi apapun. Namun status kehamilan tidak bisa diterka melalui gejala dan perlu dilakukan cara pemeriksaan yang bisa diandalkan. Selain hamil, kondisi Anda juga bisa disebabkan oleh hal-hal berikut:

    • kista ovarium
    • sindrom ovarium polikistik
    • endometriosis
    • gangguan pada ovarium misalnya radang
    • kehamilan ektopik atau di luar rahim dan lain-lain
    Untuk memastikan penyebabnya, saya saranakan agar Anda ke dokter terutama jika gejala tidak membaik. Gejala pada awal kehamilan berbeda pada setiap wanita dan dapat saja seorang wanita hamil tidak mengalami gejala apapun. Gejala yang umum terjadi adalah : 1. mual dan muntah 2. indera penciuman yang lebih sensitif 3. pusing 4. frekuensi berkemih yang menjadi lebih sering 5. payudara yang terasa lebih padat dan sensitif 6. mudah lelah 7.kram perut 8. dan lain lain Untuk mengetahui apakah Anda hamil atau tidak dapat dengan menggunakan strip uji kehamilan (test pack) yang dijual bebas di pasaran. Cara kerja tes kehamilan adalah dengan mendeteksi kadar hormon hCG dalam urin. Kadar hormon hCG meningkat pada wanita hamil dan dapat dideteksi dalam urin sekitar 12-14 hari setelah pembuahan, tergantung pada merek yang Anda beli. Cara penggunaan tes kehamilan adalah dengan mengambil sampel urin (sebaiknya urin pertama di pagi hari karena memiliki konsentrasi hormon hCG paling tinggi) pada wadah kemudian celupkan alat uji ke dalamnya sampai pada tanda batas maksimal yang tertera pada alat uji kira kira selama 30 detik. Angkat dan tunggu sampai muncul garis pada alat uji. Hasil positif ditandai dengan dua garis merah dan hasil negatif ditandai dengan satu garis merah. Jika hasilnya meragukan dapat diulangi seminggu kemudian. Pilihan lainnya untuk mendeteksi kehamilan adalah melalui tes darah di laboratorium untuk memeriksa kadar hormon hCG dalam darah. Kadar hormon hCG dalam darah sudah dapat terdeteksi sekitar 11 hari setelah pembuahan. Apabila kondisi Anda terus berlanjut dan ingin memastikan apakah hamil atau tidak, Anda dapat memeriksakan diri ke dokter. Semoga dapat membantu Dr Liyadi

  • Apakah informasi ini bermanfaat untuk anda? Iya atau Tidak

    Terima kasih atas masukan anda.