Tanya Dokter

  • Mengenai label pada kemasan minuman

  •  aynu indy
    Anggota

    Kode 7 dengan OTHER atau O Jika botol plastik yang Anda miliki berlabel OTHER di bagian bawahnya, ini berarti tempat minum tersebut tidak terbuat dari enam bahan di atas. Ada empat jenis plastik yang termasuk dalam kategori ini, yaitu styrene acrylonitrile (SAN), acrylonitrile butadiene styrene (ABS), polycarbonate (PC), dan nylon. Menurut Kementrian Kesehatan RI, SAN dan ABS boleh digunakan untuk kemasan makanan dan minuman, sedangkan PC dilarang penggunaannya. Mengapa? PC mengandung bisphenol A (BPA) yang diduga dapat menyebabkan kerusakan genetik, kanker, obesitas, diabetes, mengurangi kelangsungan hidup, dan pertumbuhan bayi ketika dilakukan tes pada hewan. Selain itu, menurut hasil percobaan pada tikus laboratorium jika menggunakan produk ber-BPA, bahan kimia tersebut bisa terdeteksi dalam darah wanita hamil dan ASI manusia.

     

    botol dengan tanda 7 >PC< itu berbahaya???

    Hallo Aynu Indy

    Terimakasih atas pertanyaan anda

    Memang ada kode segitiga dengan keterangan tertentu pada setiap wadah plastik, biasanya keterangan ini menunjukkan jenis bahan yang dipergunakan pada wadah plastik. Keterangan pada wadah palstik tersebut antara lain:

    • Kode 1 dengan PET atau PETE (Polyethylene Terephthalate) yang berarti kemasan plastik terbuat dari polyethylene terephthalate. Botol plastik berlabel PETE ini aman digunakan, namun hanya untuk satu kali pemakaian saja.
    • Kode 2 dengan HDPE atau PE-HD (High Density Polyethylene) yang merupakan kemasan plastik berjenis High-density polyethylene terbuat dari minyak bumi dan bahan ini bisa digunakan untuk membuat berbagai jenis kemasan plastik. Botol plastik bertuliskan HDPE aman digunakan lebih dari satu kali.
    • Kode 3 dengan PVC atau V (Polyvinyl Chloride) yang merupakan bahan bersifat stabil, kuat, tahan cuaca, dan memiliki ketahanan kimia yang baik. PVC dapat menimbulkan ancaman kesehatan yang serius. Bahan kimia untuk membuat botol plastik PVC diklaim bisa menyebabkan kanker dan menghasilkan polusi klorin yang sangat tinggi. Ketika digunakan, zat aditif pada botol plastik berbahan ini dapat terlepas dan membuat manusia terpapar timbal, timah, serta bahan beracun lainnya. Oleh karena itu, PVC tidak diperbolehkan digunakan sebagai bahan pembuatan tempat makanan dan minuman.
    • Kode 4 dengan LDPE atau PE-LD (Low-density polyethylene) yang berarti kemasan plastik ini artinya sangat baik digunakan untuk minyak sayuran serta bahan bersifat asam dan basa.
    • Kode 5 dengan PP (Polypropylene) merupakan bahan yang sering kali digunakan untuk tempat menyimpan makanan, botol minum, botol minuman bayi, wadah yoghurt dan margarin, bungkus makanan, botol obat, saus, sirup, dan lain-lain. Ini jenis plastik yang terbaik (sangat aman) untuk digunakan sebagai tempat makanan dan minuman.
    • Kode 6 dengan PS (Polystyrene) merupakan bahan yang biasa dipakai dalam pembuatan cangkir, piring, mangkuk, sendok, garpu, kontainer plastik, botol yoghurt, botol aspirin, tempat makan styrofoam, tempat minum sekali pakai, dan sebagainya. Namun, kemasan plastik berkode ini sebaiknya dihindari karena dapat membahayakan kesehatan dan sulit didaur ulang.
    • Kode 7 dengan OTHER atau O dimana wadah plastik terbuat dari salah satu dari 4 bahan, yaitu styrene acrylonitrile (SAN), acrylonitrile butadiene styrene (ABS), polycarbonate (PC), dan nylon.

    Untuk bahan Polikarbonat atau PC merupakan bahan yang mengandung bisphenol A (BPA) yang dianggap dapat menyebabkan kerusakan genetik, kanker, obesitas, diabetes, mengurangi kelangsungan hidup, dan pertumbuhan bayi. Peningkatan kadr BPA dalam tubuh dapat menyebabkan gangguan pada sistem endokrin atau sistem hormonal manusia. Oleh karena itu, sebaiknya memang anda tidak menggunakan wadah plastik yang berlogo ini untuk menyimpan makanan dan minuman yang anda konsumsi. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa terjadi peningkatan kadar BPA pada individu yang mengkonsumsi minuman menggunakan botol plastik berbahan polikarbonat selama 1 minggu.

    Meskipun begitu anda juga harus ingat, perhatikan keterangan pada plastik yang anda pergunakan. Karena wadah plastik tertentu hanya boleh dipergunakan satu kali dan ada beberapa jenis wadah plastik yang tidak boleh dipergunakan untuk menyimpan makanan serta minuman.

    Semoga jawaban ini dapat membantu anda

     

    dr. Aldy Valentino