Tanya Dokter

  • Timbul garis pada kulit seperti bekas luka jahit yang semakin bertambah

  •  Vera Amelia
    Anggota
    Hallo dok, saya ingin bertanya. Sudah cukup lama adik saya memiliki tanda berbentuk garis yang mirip seperti bekas luka jahit pada bagian punggung. Awalnya hanya satu garis,namun lama kelamaan semakin bertambah hingga berjumlah 7 garis saat ini. Garis-garis tersebut menempel pada tonjolan yang dibentuk oleh tulang punggung dan terlihat seperti membentuk tulang rusuk, namun ini berada pada bagian bawah (tidak segaris dengan tulang rusuk). Dan saat ini bagian bawah pada tulang punggung (mungkin 5 ruas tulang pinggang) mulai menghitam. Apa ini hanya pembentukan tanda lahir atau apa ya dok? Apakah ini berbahaya atau tidak? Saya ingin memberikan foto punggung adik saya namun disini tidak ada kolom untuk meng-upload foto. Terimakasih banyak dok, saya sangat menanti jawaban atas pertanyaan ini. (:

    Halo, terimakasih atas pertanyaan yang Anda sampaikan.

    Pertama-tama pada dasarnya kaan sulit menjawab kondisi tersebut dengan pasti jika tidak memeriksanya secara langsung. Akan tetapi beberapa informasi seperti jenis kelami, usia dan apakah sedang hamil atau memiliki penyakit seperti diabetes (akan tosis nigrikans) akan sangat membantu karena kodisi seperti kehamilan dan diabetes dapat menilbulkan garis-garis kehitaman pada tubuh.

    Kemungkinan lain seperti suatu infeksi pada kulit juga merupakan kemungkinan yang harus difikirkan, selain kondisi bawaan seperti yang Anda sampaikan.

    Saya kira sebaiknya Anda bawaa dahulu ke dokter kulit untuk diperiksa dan dilihat secara langsung dan menentukan diagnosis yang tepat.

    Demikian yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat.

     

    dr. Lili