Tanya Dokter

  • Tanda-tanda HIV kapankah bisa terlihat?

  •  Iqbal Biondi
    Anggota
    Dok saya mau tanya...tanda tanda dr tertular nya hiv itu bs terlihat kapan dr qt berhubungan dok?? Trus tanda tanda nya itu qt rasakan sekaligus ato satu satu dok...

    Halo Iqbal......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Sekedar informasi untuk anda, virus HIV yang menginfeksi seseorang tidak akan langsung memberikan gejala - gejala yang berat. Perlu waktu yang cukup lama hingga infeksi HIV berkembang menjadi kondisi AIDS ( Acquires Immune Deficiency Syndrome ).

    Seseorang yang terkena HIV akan mengalami tiga tahap infeksi. Tahap paling awal infeksi biasa disebut dengan infeksi akut, dimana biasanya terjadi dalam Rentang waktu kurang lebih dua minggu sampai dengan enam minggu setelah terpapar atau melakukan tindakan berisiko.

    Dalam tahap awal, umumnya sistem kekebalan tubuh akan berjuang untuk menaklukkan virus HIV. Gejala yang muncul pun akan mirip dengan gejala - gejala yang timbul akibat serangan virus lainnya, misalnya seperti penyakit flu ( batuk, pegal linu, pusing, nyeri otot, sakit kepala, dll. ).

    Jika Anda memang khawatir telah terinfeksi HIV oleh karena melakukan tindakan yang berisiko, maka kami sangat menyarankan untuk segera menemui dokter spesialis penyakit dalam terlebih dahulu, dan mendiskusikan masalah ini, agar Anda dapat dilakukan serangkaian pemeriksaan lebih lanjut, sehingga segala sesuatunya terang dan jelas, dan akhirnya dokter dapat merekomendasikan penanganan yang tepat.

    Klik artikel di bawah ini yang sesuai dengan pertanyaan Anda :

    HIV

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    Dr. jati