Tanya Dokter

  • Keringat berlebih pada telapak tangan

  • Saya mempunyai penyakit ini sejak kecil.penyakit ini mengganggu aktivitas saya gimana cara mengatasinya dokter

    Halo Diyos Sujatmiko Dio,

    Telapak mempunyai kelenjar keringat, dan pengeluarannya dipengaruhi beberapa faktor seperti fungsi sistem saraf dan adrenalin (saat emosi, cemas, ketakutan), banyak beraktivitas, kepanasan,konsumsi makanan pedas, genetik, metabolisme dan hormon tiroid (hipertiroid).

    Bagian tubuh tertentu atau Telapak tangan mengeluarkan keringat berlebihan disebut Hiperhidrosis atau Primary focal hyperhidrosis.

    Jangan khawatir dan tidak perlu malu, kasus ini terjadi pada banyak orang juga. Apakah ada gejala penyerta lainnya seperti berat menurun drastis, mata menonjol atau nyeri dada jantung berdebar? Bila ada konsultasikanlah keadaan saudara ke dokter spesailis penyakit dalam.

    Bila yang dialami hanya tangan berkeringat berlebih, untuk mengatasinya dapat temui dokter spesialis kulit, setelah pemeriksaan langsung dilakukan, pengobatan akan diarahkan sesuai kebutuhan, seperti obat oles antiperspirant yang mengandung almunium untuk dioleskan pada daerah yang berkeringat berlebih (efek samping iritasi), Antikolinergik atau antimuskarinik untuk menghambat pengeluaran keringat dengan mengontorol persarafannya, Antidepresan bila perlu untuk mengurangi kecemasan dan efek mengurangi keringat, Botox (Botulinum toxin) disuntikkan pada kulit untuk mengurangi keringat. Tindakan operasi : Iontoforesis, Endoskopi simpatektomi dada, Pengangkatan kelenjar keringat. 

    Klik Artikel informatif : Hiperhidrosis, Tangan Berkeringat, Penyakit lain Penyebab Berkeringat

    Semoga bermanfaat.