Tanya Dokter

  • Tangan sering bergetar disertai sakit kepala sebelah kanan dan insomnia

  • Hi dok. Saya mau konsultasi tentang keluhan saya. Tangan kanan saya bergetar kencang ketika memegang hp dan pernah waktu itu kaki saya yang tiba tiba bergetar, kepala saya suka sakit sebelah dibagian sebelah kanan, mata saya juga minus 2 dan suka insomnia kalau malam. Apa semua itu berkaitan?
    Azizah Hidayat  dr. Danny
    Dokter

    Hai.

    Tangan yang bergetar ketika mengenggam suatu benda disertai dengan sering nyeri kepala bagian kanan, maka hal tersebut mungkin dapat disebabkan karena beberapa keadaan seperti:

    • hipertiroid
    • kadar gula darah rendah
    • epilepsi
    • gangguan saraf otak yang disebabkan karena berbagai penyebab seperti misalnya tumor
    • dll

    Pada penyakit hipertiroid dimana fungsi dari hormon tiroid meningkat, maka hal tersebut dapat menyebabkan rasa gemetar pada kaki dan lengan. Biasnaya gemetaran yang disebabkan karena hipertiroid cenderung dapat dikontrol apabila keadaan hipertiroid sudah diatasi. Selain itu, hipertiroid juga dapat menyebabkan gejala seperti rasa kepanasan yang hebat, penurunan berat badan signifikan, sakit kepala, sakit pada daerh dada, dll.

    Tumor tertentu di kepala juga dapat menyebabkan rasa sakit kepala, yang disertai dengan rasa sakit kepala, penglihatan kabur, gemetaran, dll. 

    Semua keluhan anda dapat saling berkaitan satu dengan lainnya, tetapi semua itu masih harus dipastikan.

    Oleh karena itu, untuk menentukan penyebab dari keadaan anda, maka sebaiknya anda memeriksakan diri secara langsung ke dokter , sehingga dokter dapat memeriksa keadaan anda lebih lanjut.

    berikut artikel yang dapat anda baca mengenai gemetaran

    semoga bermanfaat. terimakasih

    dr. danny