Tanya Dokter

  • Penyebab dan cara atasi tangan sering bergetar

  •  Tasya Hanni
    Anggota

    dok saya berumur 15 tahun, saya sering mengalami tangan bergetar sendiri apalagi di daerah jari telunjuk dan ibu jari. kira kira apa penyebabnya dan cara mengatasi nya bagaimana?

    Halo Tasya, 

    Terima kasih atas pertanyaannya, 

    Gemetar atau dikenal dengan tremor merupakan suatu gerakan yang tidak disadari. Hal ini terjadi karena adanya gangguan pada saraf otak yang mengatur pergerakan pada otot. Ada beberapa gerakan yang memang tidak disadari seperti bernapas, bergeraknya otot jantung untuk memompa serta beberapa refleks. Namun, ada juga beberapa gerakan otot yang memang pada umumnya dapat diatur, tapi karena adanya gangguan pada otak yang mengatur gerakan tersebut jadi terganggu. 

    Beberapa kondisi yang dapat menimbulkan keluhan tremor pada tangan adalah sebagai berikut: 

    1. Kondisi hipertiroid yaitu adanya peningkatan dari produksi hormon tiroid. Dimana kdapat menimbulkan keluhan gemetar, berkeringat banyak, denyut nadi menjadi meingkat
    2. Adanya penyakit Parkinson
    3. Adanya tanda dari stroke
    4. Multiple Sclerosis
    5. Tumor pada otak 
    6. Kelelahan pada otot. 
    7. Kadar gula darah yang terlalu rendah 
    8. Adanya efek samping dari penggunaan obat-obatan tertentu. 

    Kondisi Anda dapat disebabkan oleh adanya kondisi di atas ataupun adanya kondisi lainnya. Disarankan untuk melakukan konsultasi tatap muka pemeriksaan langsung oleh dokter sehingga dapat dilakukan penanganan yang sesuai dengan kondisi Anda dan optimal. Demi mencegah terjadi komplikasi lebih lanjut. 

    Demikian yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat. 

    Salam, dr. Tiwi.