Tanya Dokter

  • Solusi atasi tangan dan kaki yang mudah dingin

  • Hai dok, Saya wilhan. Kemarin tanggal 27 oktober 2016 saya Operasi hidung Noseblock. Saya Mengalami pendarahan hebat tanggal 3 november pagi sampai saya tertelan banyak darah dan memuntahkannya. Dan tanggal 6 november saya juga mengalami pendarahan hebat sehingga di rawat dirumah sakit karena dokter mengatakan ad infeksi di bagian operasi dan harus dirawat selama 5 hari. Kata dokter saya boleh makan telur dan daging tetapi Setiap hari saya cuma makan sayur sayuran (vegetarian) tanpa telur dan daging karena kata orang baru operasi ga boleh makan daging dan telur.

    Setelah saya pulang ke rumah. Kaki dan tangan saya mudah dingin. Apakah solusi yang tepat untuk menghilangkan rasa dingin di kaki dan tangan saya.

    Terima kasih.

    Halo, Ekstremitas atau anggota gerak juga dialiri oleh darah yang berjalan dalam pembuluh darah. Karena letaknya di ujung, tempat ini seringkali menjadi prioritas terakhir dari aliran darah. Karena itu apabila terjadi syok, atau ketidakmampuan tubuh menjalankan sirkulasi darah yang seharusnya, maka tempat yang pertama kali memberi tanda kurangnya suplai darah adalah ekstremitas. Syok hipovolemik Apabila tidak ada keluhan lain yang nyata seperti terancamnya stabilitas sirkulasi tubuh, maka tidak ada penanganan khusus yang harus segera dilakukan. Berikut langkah yang dapat dilakukan:

    • Makan makanan bergizi seimbang. Telur tidak berpengaruh buruk terhadap luka. Justru protein yang ada dalam telur dapat membantu mempercepat penyembuhan luka
    • Istirahat cukup
    • Jika telah cukup pulih, berolahraga/aktivitas fisik teratur
    • Minum air putih dalam jumlah cukup
    Apabila dengan langkah diatas belum dapat mengatasi keluhan Anda, sebaiknya segera mengunjungi dokter. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik, serta menambahkan pemeriksaan penunjang jika perlu, seperti pemeriksaan laboratorium darah. Dari hasil pemeriksaan tersebut, barulah dokter dapat menentukan penyebab, kemudian menentukan penanganan yang tepat sesuai dengan kondisi Anda. Demikian informasi yang dapat saya sampaikan, semoga membantu. dr. Agatha