Tanya Dokter

  • Tangan gemetar dan sulit untuk menulis

  •  Arie18
    Anggota
    Sore dok, saya mau bertanya.. Saya mahasiswi 19th,tangan saya susah untuk menulis, apabila dicoba untuk menulis selalu gemetar dan kaku, dan jika saya maksakan tangan saya untuk menulis bahu saya terasa panas sekali.. Kalo boleh tau itu sakit apa ya dok? soalnya ini saya rasakan udah lama sekali.. Dan mkin hari tngan saya gemetar nya mkin kuat.. Mohon saran dan komentarnya

    Hai,

    Suatu gerakan anggota tubuh terjadi karena pengaturan ketat dari sinyal otak besar (serebrum) dengan sinyal dari otak kecil (serebellum); sinyal utama ini kemudian akan dihantarkan melalui saraf sumsum tulang belakang, agar kemudian tiba di otot-otot kecil yang mengatur terjadinya kontraksi (pemendekan) otot-otot anggota tubuh terkait yang menempel pada tulang sehingga bisa terjadi gerakan.

    Dengan demikian, segala hal yang mengenai organ/jaringan di atas dapat mengakibatkan gangguan gerakan yang bervariasi dari gemetar sampai kelumpuhan. Misalnya, penyakit di otak (mis. stroke, tumor), penyakit otak kecil, gangguan sumsum tulang belakang sampai penyakit di persendian. Karena jalur saraf ini melintasi bahu sebelum mencapai otot-otot kecil di lengan bawah, nyeri bahu mungkin berkaitan juga dengan gangguan gemetar tersebut.

    Untuk memastikan penyebab keluhan Anda, diperlukan pemeriksaan langsung oleh Dokter / Ahli Saraf (Sp. S). Mungkin diperlukan pemeriksaan darah, foto Roentgen sampai CT-Scan atau MRI untuk menunjang diagnosis. Setelah penyebabnya jelas, barulah penanganan yang tepat bisa diberikan.

    Sekian, semoga bermanfaat.

    dr. Radius Kusuma