Tanya Dokter

  • Tangan terasa sakit setelah diinfus

  • dok nenek saya terkena paru-paru basah. kemudian di rawat inap di RSUD di daerah saya. sesaat sudah selang waktu 2 setengah bulan tangannya merasa sakit dan pegal. apa itu pengaruh cairan intravenanya ?

     

    Kharisma ZiiPasukanarmada  dr. Rico N
    Dokter

    Halo Kharisma, Pada kasus paru-parui basah, jika berat, khususnya pada orang tua memang umumnya membutuhkan rawat inap dan pemasangan infus untuk memasukkan berbagai macam obat-obatan yang diperlukan. Karena penyakit tersebut pada dasarnya berbahaya. Masalah tangan sakit dan pegal, terutama jika pemasangan infus berlangsung lama, memang umum menimbulkan sedikit sakit dan pegal. Disebut flebitis jika disertai tanda radang, seperti bengkak, kemerahan, dan nyeri disekitar tempat infus. Apakah disebabkan oleh cairan infus, itu tergantung dari jenis cairannya, saya tidak dapat menjawab dengan pasti. Jika selama perawatan yang diberikan hanya cairan jenis kristaloid dengan berat molekul rendah seperti NaCl 0,9% dan Ringer laktat, maka umumnya jarang menimbulkan flebitis.  Tetapi jenis cairan tertentu yang digunakan untuk mengatasi kegawatan seperti larutan natrium bikarbonat dapat menyebabkan hal tersebut. Anda dapat melakukan beberapa upaya untuk menguranginya :

    1. Pada dasarnya (asal tidak ada tanda radang dan infeksi seperti kemerahan, bengkak, nanah di sekitar bekas tempat infus) umumnya hilang sendiri dan dapat dibantu dengan kompres dingin
    2. Jika ada tanda radang/infeksi sebaiknya dibawa ke dokter karena mungkin memerlukan salep atau obat minum antibiotika
    3. jika bengkak, sedikit mengelevasikan (15-30 derajat) tangan saat tidur malam dapat mempercepat pengempesan
    4. Parasetamol atau ibuprofen dapat digunakan sesekali untuk meredakan nyeri
    demikian yang dapat saya sampaikan , semoga bermanfaat.