Tanya Dokter

  • Tangan tidak bisa digerakkan setelah kejang

  •  Nuyfalah
    Anggota

    Selamat pagi dok,saya mau bertanya tentang penyakit epilepsi. Adik saya sekarang umur 14 tahun perempuan. Dia mengidap epilepsi dan mengalami kejang seminggu sekali, dia kejang selama 1 menit kurang lebih. Pada saat dia sadar tangan kirinya seperti tak ada tenaga seperti susah untuk di gerakan lumayan lama untuk menggerakan tangannya, kenapa ya dok? Mohon infonya. Atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih.

    Halo,   Untuk mengetahui kondisi adik Anda dengan baik maka ada baiknya Anda menanyakan secara langsung kondisi adik Anda pada dokter yang memeriksanya karena kondisi adik Anda akan lebih dipahami oleh dokter yang merawat dan melakukan tes fisik dan tes medis kepada adik Anda. Rasa sulit menggerakkan bagian tubuh tertentu paska kejang bisa disebabkan karena :

    1. cedera otot yang terjadi saat kejang seperti adanya orang yang menekan tangan dan kaki penderita kejang yang justru bisa membuat kondisi pasien memburuk serta timbulnya komplikasi baru setelah kejang berhenti seperti patah tulang, dislokasi dll.
    2. Efek obat kejang
    3. Hemiparesis = kelumpuhan yang terjadi akibat kerusakan saraf atau otak yang terjadi akibat kejang.
    4. Penimbunan asam laktat pada otot akibat kejang yang lama.
    5. dll.
    Jika kelumpuhan berlangsung lama dan menetap, sebaiknya segera periksakan adik Anda ke dokter. Penanganan epilepsi yang tepat dan optimal bisa membantu mencegah kerusakan otak yang terjadi akibat kejang. Baca topik Mencegah epilepsi kumat dan Penanganan kejang di rumah. Semoga membantu.   dr. Yusi