Tanya Dokter

  • Tanggal berapakah masa subur dalam siklus 30 hari

  • selamat siang dok,..

    saya ami mau bertanya saya haid setiap tanggal 28. jadi saya baiknya berhubungan ditanggal berapa dok?

    sudah saya coba tapi tetap saja gagal untuk hamil. Terima kasih sebelumnya dokter..

    selamat siang

    Hallo Ami Ati Pestaria Hondro

    Terimakasih atas pertanyaan anda

    Proses terjadinya kehamilan diawali dengan berhubungan seksual ketika seorang wanita sedang berada dalam masa suburnya atau dengan kata lain untuk dapat terjadinya kehamilan, maka memang perlu terjadi pembuahan sel telur (ovum) wanita yang telah matang oleh sperma. Selama masa subur terjadi, jika pasangan suami istri melakukan hubungan seksual, maka peluang terjadinya kehamilan akan meningkat. Masa subur ini dapat anda perikirakan sendiri dan akan lebih mudah jika siklus menstruasi anda tepat waktu setiap bulannya. Masa subur terjadi sekitar 12-16 hari sebelum masa haid selanjutnya atau sekitar 10-17 hari setelah hari pertama haid sebelumnya. Jika anda menstruasi setiap tanggal 28 setiap bulannya, maka masa subur anda kira-kira sekitar tanggal 8-15 pada bulan berikutnya setelah anda menstruasi terakhir. Selain dengan penghitungan ini, anda juga dapat menilai masa subur anda dengan metode:

    • Metode lendir serviks, di mana pada saat masa subur diproduksi lendir serviks atau cairan vagina yang berwarna bening, licin, elastis, menyerupai konsistensi putih telur mentah
    • Metode suhu basal, yaitu dengan pengukuran suhu basal (dasar) tubuh setiap hari. Suhu basal tubuh diukur pada pagi hari saat baru bangun tidur dan belum beranjak dari tempat tidur, di mana normalnya suhu basal adalah 35,5°-36,6° derajat Celsius. Pada saat ovulasi terjadi peningkatan suhu basal tubuh sekitar 0,3° derajat Celsius.

    Perlu anda ketahui bahwa kehamilan bukan hanya dipengaruhi oleh hubungan seksual, melainkan dipengaruhi juga oleh banyak hal lain. Kondisi kesuburan pasangan suami istri juga sangat penting, adanya gangguan hormonal dapat menyebabkan gangguan kesuburan. Selain itu adanya sumbatan pada jaan lahir anda atau saluran reproduksi bisa menyebabkan terjadinya kesulitan pertemuan antara sperma dan sel telur. Untuk itu jika ingin merenacanakan kehamilan, maka anda dan pasangan anda harus melakukan pemeriksaan menyeluruh pada dokter untuk mencari faktor yang menghambat kehamilan. Asupan gizi juga berperan pada kematangan sel telur dan kualitas sperma, sehingga anda perlu memperhatikan makanan anda setiap hari.

    Saran saya jika anda belum hamil juga lakukan pemeriksaan pada dokter dan lakukanlah perencanaan (program) kehamilan.

    Semoga jawaban ini membantu.

     

    dr. Aldy Valentino