Tanya Dokter

  • apakah daging akibat luka bakar bisa dihilangkan tanpa operasi?

  • Selamat malam dok, saya laki2 umur 22 thun , 8 thun lalu saya menagalami insiden kebakaran di bagian seluruh dada saya, setelah mengering kok luka tersebut malah menimbulkan segumpalan daging yang menutupi hampir seluruh dada saya bagian kiri , saya merasa itu sangat keras dan mngganggu jatung saya, bagaimana saya bisa mnghilngkn daging yg disbabkan luka bakar tersebut dok?, Apakah bisa tanpa operasi? , jika harus operasi plastik biaya sekarang apakah mahal?. Terimakasih atas jawabannya

    Hai,   Untuk mengetahui apa jenis "segumpalan daging" yang Anda maksud haruslah dilakukan pemeriksaan secara langsung. Dengan pemeriksaan langsung dan mungkin pemeriksaan tambahan lainnya bisa diketahui secara pasti apa jenis penyakit Anda dan bagaimana cara menanganinya. Pada penyembuhan pasca luka bakar , jaringan yang terbakar mungkin tidak akan sembuh sempurna seperti sediakala, ada beberapa kemungkinan yang bisa terjadi :

    1. Parut Hipertrofik
    2. Keloid
    Parut hipertrofik dan Keloid adalah pertumbuhan jaringan fibroblas dan kolagen yang berlebihan pada lapisan kulit dan lemak pasca peradangan/ luka. Perbedaannya adalah pada keloid pertumbuhan jaringan ini sangat berlebih sehingga bisa menonjol( membentuk benjolan), memerah kadang disertai gatal dan tumbuh membesar lebih daripada luka sebenarnya. Pada parut hipertrofik biasanya bisa menyamar dan sembuh beriring waktu tergantung dari besar dan kedalaman luka. Sementara keloid tidak akan mengalami pengecilan/ menghilang tanpa penanganan medis. Penanganan medis yang bisa diberikan pada keloid adalah :
    1. Injeksi kortikosteroid intra lesi, hasil bagus untuk keloid yang tidak terlalu tebal dan besar. Penyuntikan dilakukan 2-3 minggu sekali sampai keloid menghilang.
    2. Operasi/ eksisi Keloid. Perlu dilakukan tenaga ahli seperti dokter spesialis bedah plastik untuk hasil yang baik. Dilakukan bila ukuran keloid terlalu besar.
    3. Kombinasi Eksisi dan injeksi kortikosteroid.
    http://www.alodokter.com/luka-bakar/komplikasi/ Untuk masalah biaya Anda sebaiknya menanyakan langsung kepada RS tempat Anda akan melakukan eksisi. Biaya di satu tempat mungkin berbeda dengan tempat lain.   Semoga bermanfaat.   dr. Yusi