Tanya Dokter

  • Penyakit gonore dan nyeri sendi

  •  wibowo12345
    Anggota
    Selamat siang dok, saya mau bertanya Saya pernah mengalami gonore namun lgsg saya bawa ke dokter, kata dokter baru terkena sedikit dan saya sudah 2 kali periksa dan alhmdulillah dikatakan sembuh. Namun, saya sekarang sudah beberapa hari mengalami nyeri sendi tapi kata temen saya kalau nyeri sendi itu sakit, nah yg saya rasain itu kaya getar2 saja dok tapi tidak sakit dan berpindah pindah Bagaimana dok? Apa ada kaitannya dengan gonore dulu? Terimakasih

    Hai

    Kencing nanah atau gonore adalah penyakit menular seksual (PMS) yang disebabkan oleh infeksi bakteri Neisseriae gonnorhoea. Penularannya adalah hubungan seksual berisiko seperti bergonta-ganti pasangan atau dengan PSK (pekerja seks komersil). Gejalanya antara lain:

    • Keluar nanah dari penis berupa cairan kental putih.
    • Nyeri saat buang air kecil.
    • Nyeri pada ujung penis disertai kemerahan.

    Dikarenakan disebabkan oleh infeksi bakteri, maka pengobatannya adalah dengan antibiotik sesuai anjuran dokter. Dengan pengobatan jenis antibiotik yang masih mempan terhadap gonore serta dosis yang adekuat maka gonore dapat sembuh tanpa menimbulkan komplikasi apapun. Pada gonore yang telah sembuh, biasanya gejala tidak akan muncul lagi paling tidak selama 14 hari. Sebaiknya hindari berhubungan intim dengan pasangan berisiko.

    Nyeri sendi bukanlah gejala dari gonore meskipun gonore sendiri dapat menyerang sendi akibat penjalaran infeksi namun jarang terjadi, terutama pada gonore yang tidak dilakukan pengobatan dalam jangka waktu lama. Ciri dari peradangan sendi akibat gonore adalah disertai adanya:

    • Demam.
    • Bengkak pada sendi.
    • Nyeri sendi.
    • Kemerahan pada kulit.

    Selain itu tentunya disertai juga gejala-gejala gonore seperti yang disebutkan diatas. Oleh sebab itu kemungkinan besar gejala persendian Anda tidak berhubungan dengan gonore saat ini karena sudah mendapatkan pengobatan dan sudah sembuh. Namun bila nyeri sendi sampai mengganggu aktivitas sehari-hari sebaiknya periksakan langsung pada dokter.

    Informasi terkait dapat Anda ikuti pada topik berikut:

    Apa itu penyakit gonore?.

    Semoga membantu ya. Terima kasih.

    dr.Yan william