Tanya Dokter

  • Haid tidak teratur dan cara memperkirakan masa subur

  •  Wik Ratna
    Anggota
    Saya mau tanya dok, berhubungan pd hari ke 10 atau 11 dr pertama haid, apakah rahim dlm keadaan basa apa asam? soalnya haid saya tidak teratur.

    Terima kasih telah bertanya di ALodokter.com

    Kehamilan pada umumnya tidak dipengaruhi oleh asam basa dari rahim. Adapun faktor yang mempengaruhi terjadinya kehamilan adalah apabila hubungan seksual dilakukan pada saat masa subur, yaitu sekitar 12-14 hari sebelum siklus haid selanjutnya, dengan sperma di ejakulasi kan di dalam liang vagina. Adapun tanda kehamilan yang dapat terjadi adalah :

    • Tanda tidak pasti : mual, muntah, pusing, flek/ bercak pendarahan pada vagina, lemas, sering kencing, susah BAB, kulit di sekitar puting lebih gelap, dll
    • Tanda pasti : denyut jantung dan gerakan janin terlihat di USG
    • Tanda kemungkinan hamil : hasil testpack positif dan teraba janin di perut.

    Jika Anda mengalami keterlambatan menstruasi dan curiga hamil, sebaiknya melakukan test pack minimal 1 minggu sejak terlambat haid. Jika negatif, maka lakukan pengecekan ulang 1 minggu setelah testpack pertama. Langkah paling tepat adalah memeriksakan diri ke dokter spesialis kandungan. Dokter akan menanyakan beberapa hal terkait siklus menstruasi Anda dan hubungan seksual Anda dengan suami. Kemudian melakukan pemeriksaan fisik dan juga pemeriksaan penunjang berupa USG maupun tes kencing jika diperlukan.

    Berikut terdapat artikel yang dapat membantu, apakah saya hamil?

    Semoga bermanfaat, dr.Previyanti