Tanya Dokter

  • Menstruasi dalam waktu yang lebih lama dari biasanya

  •  mrs.utomo
    Anggota

    Dear dokter, saya wanita 34th menikah 18bln yll, blm pny keturunan. Saat ini saya sdg mengalami haid bkepanjangan, sudah 2mgg blm selesai, dari awal haid tdk sbyk haid sebelumnya. Riwayat haid saya 7-8hr: - Pre haid (3-5hr sblm) payudara kencang & berangsur normal saat haid. - Saat haid (hr 1-3) kram perut & deras (2-3 pembalut penuh/hari); hari 4-7/8 berkurang (pembalut tdk penuh) s.d habis. - Haid bln jun tgl 16; jul tgl 16; agt tgl 13; sept tgl 12 (sampai skr) Seingat saya sblm haid bulan ini tdk terasa tanda2nya, payudara baru terasa kencang/sdkt membesar stlh haid keluar sampai skr. Perut kiri bawah pun bkn terasa kram (diremas) seperti biasa, tapi rasa seperti linu/habis dicubit disekitar 10cm diatas selangkangan. Haid yg keluar saat ini masih merah gelap (bukan coklat) sekitar 10-15ml mgkn (hanya dipermukaan pembalut) spt akan selesai haid. Pertanyaan: 1. Normalkah kondisi saya, dok? 2. Apakah ada kasus tanda awal kehamilan seperti yg saya alami? 3. Jika tidak normal tes apa saja yang harus dilakukan? Tks , dok.

    Dear Mrs. Utomo, Dari riwayat yang ibu ceritakan pertama saya dapat menyimpulkan bahwa: <span style="line-height: 1.5;">1. siklus menstruasi Anda rata-rata 29-31 hari dimana ini termasuk dalam siklus yang normal.</span> 2. Menstruasi yang berkepanjangan atau jumlah perdarahan yang lebih dari normal yaitu berkisar 60-80ml/hari dalam dunia medis disebut dengan menoragia. Beberapa kondisi yang dapat menyebabkan terjadinya menoragia antara lain :

    • Komplikasi kehamilan atau keguguran
    • Ketidakseimbangan hormon
    • Peradangan pada panggul
    • Gangguan pembekuan darah
    • Polip atau fibroid pada rahim
    • Endometriosis
    • dsb
    Untuk dapat mengetahui pasti penyebab menstruasi Anda yang berkepanjangan sebaiknya lakukan pemeriksaan langsung ke dokter spesialis kandungan dan kebidanan, dokter akan melakukan wawancara, pemeriksaan fisik dan penunjang seperti USG, tes darah dan lainnya jika perlu sehingga Anda mendapatkan penanganan dengan tepat. Selama perdarahan masih terjadi Anda dapat mengkonsumsi suplemen penambah darah dan zat besi serta minum air putih cukup untuk tetap menjaga kebugaran tubuh. Baca artikel terkait : Menoragia Penyebab menstruasi tidak lancar Mewaspadai menstruasi tidak normal Semoga membantu, dr. Rievia

    mrs.utomo  mrs.utomo
    Anggota

    Dear dr. Rievia, Terimakasih atas balasannya, sangat membantu. Salam, Mrs. Utomo