Tanya Dokter

  • diare setelah makan mie dan makanan pedas

  •  Syarif Uddin
    Anggota

    haloo dok, saya mau nanya nanya dikit tentang problem saya ketika bab, akhir akhir ini, ( beberapa bulan ) jika kondisi badan saya tidak fit terus saya makan mie instan atau makan makanan lain yang pedas, atau kurang higienis beserta minum kopi kok saya langsung diare yandok, dan anehnya pada saat tinja keluar disertai minya (seperti ada lapisan lilin/minyak ) pada anus saya dok itu gejala apa ya dok, apa pencernaan saya bermasalah atau gimana dan solusinya bagai mana? terimakasih

    Halo Syarif...... Terimakasih atas pertanyaan Anda. Kondisi yang ANda alami kemungkinan mengarah ke gangguan kesehatan pencernaan yang dalam bahasa medis disebut sebagai Irritable Bowel Syndrome ( IBS ). Penyakit ini biasanya menyerang usus besar dan akan hilang maupun timbul ( kambuh - kambuhan ) selama bertahun - tahun ataupun seumur hidup. Sebagian besar penderita IBS berumur 20 - 30 tahun. Gejala dari IBS diantaranya adalah : Diare ( buang air besar encer dimana frekuensinya lebih banyak dari biasanya ), kram --- sakit perut, tinja yang mengandung lendir / seperti minyak, lemas, mual,, dll. Penyebab yang paling banyak menimbulkan hal ini adalah : mengonsumsi jenis makan makanan tertentu ( misal : makanan berlemak, minum kopi, gorengan, minuman bersoda, dsb. ), pengaruh psikologis ( misal : stress, cemas, dll. ), sistem pencernaan yang mengalami gangguan. Atasi keadaan ini dengan cara : makan makanan yang sehat dan bergizi tepat waktu, jangan terlalu banyak makan serat jika diare, kelola stress psikologis, rutinlah berolahraga, minum air putih yang banyak, mengonsumsi probiotik. Jika setelah melakukan cara - cara diatas, kondisi yang Anda alami masih saja terjadi. Kami sangat menyarankan kepada Anda untuk segera menemui Dokter Spesialis Penyakit Dalam agar dilakukan serangkaian penanganan lebih lanjut. Klik artikel di bawah ini untuk lebih jelasnya : IRRITABLE BOWEL SYNDROME Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat. Salam, Dr. jati