Tanya Dokter

  • penyebab benjolan di payudara

  •  jumama11
    Anggota
    Hallo dokter saya mau tanya mengenai payudara saya. Saya merasa ada yang beda karena di aerola di bagian bintik2 putih ( kelenjar susu) maaf kalau salah. Ada satu yang agak timbul. Tidak sakit cman berasa kalau kegesek. Baru beberapa hari di masa sebelum menstruasi. Apakah itu normal? Atau bagaimana? Makasih
    jumama11  Tim Alodokter
    Dokter

    Halo Jumama, terimakasih atas pertanyaannya. 

    Benjolan pada payudara memang cukup meresahkan, namun tidak perlu khawatir yang berlebihan jika ditemukan benjolan pada payudara Anda. Benjolan pada payudara bisa disebabkan oleh:

    1. Fibroadenoma (FAM) merupakan tumor jinak yang paling sering terjadi. FAM ini memiliki gejala-gejala seperti benjolan yang tidak terasa nyeri, jika diraba akan terasa padat, bulat, kenyal, dan dapat digeser. 

    2. Perubahan fibrosistik/fibroadenosis terjadi akibat perubahan hormon yang berlangsung selama siklus menstruasi. Gejala yang dialami berupa terdapat benjolan di satu payudara atau di kedua payudara dan benjolan ini membesar dan mengeras selama siklus menstruasi berlangsung, terkadang dapat keluar cairan melalui puting, terasa nyeri, dan terdapat perubahan ukuran pada payudara. 

    3. Kista sederhana ditandai dengan benjolan yang berisi cairan. Jumlahnya dan ukurannya bisa berbeda, bisa mengenai satu payudara atau keduanya, ukurannya bisa lunak hingga keras berubah seiring dengan siklus menstuasi. 

    4. Papiloma Intraduktal biasanya terjadi pada wanita usia 45-50 tahun. Ditandai dengan benjolan kecil berbentuk kutil dekat puting. Pada beberapa kasus papiloma intraduktal ini dapat menyebabkan perdarahan dari puting. 

    5. Lemak nekrosis traumatik akibat terjadinya cedera yang berulang-ulang dan dalam waktu lama pada payudara. 

    Untuk mengenali apakah Anda terkena salah satu kondisi di atas dapat dilakukan pemeriksaan payudara sendiri atau SADARI. Pemeriksaan ini dilakukan dengan menggunakan tangan dan penglihatan untuk memeriksa apakah terdapat perubahan fisik pada payudara Anda. Sebaiknya SADARI ini dilakukan rutin beberapa hari setelah periode menstruasi Anda berakhir. Segera periksakan diri Anda ke dokter jika menemukan:

    1. Benjolan keras pada payudara dan ketiak.

    2. Perubahan pada permukaan kulit: kulit mengkerut atau terdapat cekungan.

    3. Perubahan ukuran dan bentuk payudara.

    4. Keluar cairan pada puting (bukan ASI).

    5. Keluar darah dari puting.

    6. Terdapat bagian puting yang memerah dan lembab, serta tidak kembali seperti semula. 

    7. Puting berubah bentuk seperti melesak ke dalam.

    8. Ada ruam di sekitar payudara. 

    9. Payudara atau ketiak terasa nyeri terus menerus. 

    Kondisi Anda di atas kemungkinan besar terkait dengan perubahan hormon saat menstruasi. Untuk memastikannya sebaiknya periksakan ke dokter. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik secara langsung untuk menilai kondisi payudara Anda. Jika diperlukan dokter juga akan melakukan pemeriksaan penunjang seperti mamogram untuk menilai benjolan tersebut. Semoga bermanfaat, dr. Lusy.