Tanya Dokter

  • muncul benjolan di pergelangan tangan

  • Dok di pergelangan tangan saya bagian atas muncul benjolan tapi ketika digerakkan tidak sakit. Juga ketika ditekan rasanya tdk begitu padat. Seperti tulang tapi agak lembek. Kata orang itu uci-uci dan harus operasi. Apa memang harus operasi? Terapi saja bgmn?

    Halo Wahyu, Benjolan yang terdapat di tangan dapat disebabkan oleh beberapa hal yaitu:

    • kista ganglion, yaitu pertumbuhan jinak / kista pada daerah persendian, yang biasanya muncul pada bagian punggung pergelangan tangan yang teraba lunak. Penyebab pasti dari munculnya kista ini belum diketahui dengan pasti namun diperkirakan pertambahan umur dan adanya cedera pada bagian tersebut menjadi faktor resikonya. Kista ini terbentuk dari jaringan di sekitar sendi seperti misalnya dari tendon atau ligamen. Bila kistra ini tidak menimbulkan rasa tidak nyaman atau sakit, maka penanganan lebih lanjut tidak diperlukan. Tetapi bila kista ini menyebabkan rasa sakit dan mengganggu anggota gerak, Anda disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter bedah untuk menghilangkan kista ini.
    • abses di bawah kulit; abses merupakan rongga yang berisi kumpulan nanah yang terletak di bawah kulit yang dapat meyebabkan peradangan kulit sekitarnya. Abses merupakan suatu hasil dari kekebalan tubuh melawan infeksi yang terjadi pada suatu daerah pada tubuh. Karena adanya peradangan, abses akan terasa nyeri. Abses yang berukuran kecil dapat ditangani dengan menggunakan antibiotik, sedangkan untuk yang berukuran besar, Anda harus berkonsultasi dengan dokter agar dokter dapat melakukan sayatan kecil untuk membersihkan nanah.
    • kutil; kutil juga dapat muncul pada kulit di daerah manapun termasuk di tangan. Kutil ini muncul karena adanya infeksi human papilloma virus (HPV) yang biasanya tidak memerlukan penanganan khusus karena pada kebanyakan kasus akan hilang dengan sendirinya.
    Untuk memastikannya sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter sehingga dokter dapat melakukan pemeriksaan terhadap benjolan yang dimaksud dan bila perlu konsultasi dengan dokter spesialis Anda akan segera dirujuk. Penanganannya akan tergantung pada diagnosis dokter. Semoga membantu. dr. Aloisia

    Terimakasih dokter. Sangat bermanfaat.