Tanya Dokter

  • efek samping dari mengkonsumsi obat rifampicin

  •  Johny Santoso
    Anggota

    Selamat malam dok, mau tanya orang tua saya sedang sakit infeksi paru2 dan diberikan obat rifampicin 150mg yg saya mau tanyakan apakah efek samping dari obat tersebut karena bpk saya skrng tidak napsu makan dan sering mual dan sukanya tidur terus. untuk menyiasati supaya minum obat lancar dan napsu makan dan minum seperti semula

    Johny Santoso  dr. Danny
    Dokter

    Hai. Infeksi paru seperti infeksi TBC merupakan suatu penyakit yang pengobatannya membutuhkan waktu yang cukup lama. Pengobatan TBC paru dapat mempunyai beberapa jenis obat salah satunya adalah rifampicin. Konsumsi obat TBC memang pada beberapa orang akan menyebabkan rasa mual dan muntah. Biasanya rasa mual dan muntah karena obat tersebut dapat dibantu diatasi dengan konsumsi obat bersamaan dengan makanan. Selain itu disarankan agar tidak konsumsi makanan atau minuman yang terlalu asam dan pedas.  Selain itu rifampicin dapat menyebabkan beberapa efek samping seperti urin menjadi kemerahan. Penurunan nafsu makan merupakan salah satu gejala yang ditimbulkan dari infeksi TBC tersebut. Infeksi TBC akan membuat kehilangan nafsu makan, serta dapat menyebabkan penurunan berat badan yang signifikan, serta dapat membuat badan menjadi lemas. Biasanya nanti jika pengobatan sudah memasuki masa pengobatan lanjutan ( lebih dari 2 bulan), maka biasanya gejala seperti tidak nafsu makan atau lemas akan berangsur berkurang. Terdapat beberapa tips yang dapat dilakukan untuk membantu mengurangi rasa mual ataupun lemas:

    • konsumsi obat  bersamaan dengan makanan
    • hindari konsumsi makanan yang asam pedas dan berlemak
    • konsumsi makanan yang bergizi seperti ayam,ikan, telur, susu , dll
    • konsumsi cukup serat
    • periksakan ayah anda secara rutin ke dokter sehingga dokter dapat memantau perkembangan keadaan ayah anda
    berikut artikel yang dapat anda baca mengenai Rifampicin semoga bermanfaat. Terimakasih dr. Danny