Tanya Dokter

  • Pengobatan infeksi jamur

  •  Kadrin
    Anggota
    dok adik sy kulitnya gatal2 llu sy bawa ke dokter umum trdekat, trus dokter bilang itu karna jamur kmudian di ksih obat stu contoh sj yaitu obat tablet aturan minumnya 1x satu hari di minum sampai habis slma 28 hari alahmdulillah bru 9 hari rutin minum udah sembuh jdi sisah obatnya 21 lgi.. tpi ada masalah bru lgi adik sy sakit lambung sakitnya itu sampai terasa di sada.. lalu sy bawah ke rumah sakit d kasih obat 3 contoh yaitu: obat sirup untuk lambung dengn, obat anti biotik n vitamin.. pertanyaan sy dok apakah tdk apa2 di minum jg dngn obat untuk gatal2 krna jamur atau tdk boleh di konsumsi ..? Sedangkn kta dokter d minum sampai habis itu obat tabletnya selama 28 hari yaitu 1x 1 hari
    Kadrin  dr. Devika Y
    Dokter

    Halo Kadrin,

    Obat yang digunakan untuk mengatasi infeksi jamur kemungkinan adalah obat antijamur. Sayangnya Anda tidak menyebutkan nama obatnya. Obat antijamur yang diminum ada beberapa jenis seperti misalnya ketoconazole, griseofulvin, fluconazole. Masing-masing jenis obat tersebut memiliki sifat tersendiri termasuk mengenai interaksi obatnya. Secara umum konsumsi obat antijamur harus sesuai dengan anjuran dokter sampai habis ya.

    Terkait dengan konsumsi antijamur bersamaan dengan obat lambung, antibiotik, dan juga vitamin, sayang sekali Anda juga tidak menyebutkan nama obat-obatnya apa saja. Seperti di atas, masing-masing obat memiliki sifat dan interaksi obat sendiri.

    Sebagai contoh penggunaan ketoconazole dengan beberapa obat lambung (antasida, ranitidin, sukralfat, omeprazole) secara bersamaan bisa menurunkan daya serap tubuh terhadap ketoconazole. Obat apa saja yang adik Anda konsumsi? Apakah ketika periksa ke dokter adik Anda sudah menyebutkan bahwa dia sedang dalam perawatan konsumsi antijamur?

    Obat antijamur dan antibiotik harus diminum sampai habis ya. Untuk waktu meminumnya, karena Anda tidak menyebutkan obat apa saja yang diminum, sebaiknya Anda tanyakan langsung pada dokter yang memberi adik Anda obat mengenai cara pemakaian obatnya ya.

    Berikut ini artikel yang berhubungan dengan topik pertanyaan Anda:

    Jangan sembarangan mengkonsumsi antibiotik

    Terimakasih dan semoga membantu,

    dr. Devika Y