Tanya Dokter

  • Apa TB bisa kambuh lagi?

  • saya ady.. usia 25 thn.. sekitar 9 blan y lalu saya batuk selama seminggu,,namun bidan menyuru saya berobat kepuskes... perawat di sana menyuru saya cek dahak,,hasilnya saya positif Tb.. perawat di sana memberi saya minum obat selama 6 blan... alhamdlla saya telah menyelesaikan nya,,namun saya tidak bisa berhenti merokok . apakah penyakit itu bisa kambulagi.. mohon konfirmasi nya dokter..

    Halo Ady, Penyakit Tuberkulosis (TB) adalah salah satu penyakit infeksi yang masih sering dijumpai di masyarakat Indonesia. Penyakit ini dapat disembuhkan melalui pengobatan rutin minimal selama 6 bulan. Sayangnya, penyakit TB dapat kambuh kembali. Penyebabnya antara lain:

    • Pengobatan tidak tuntas (putus berobat atau kasus TB kebal obat)
    • Daya tahan tubuh berkurang (penyakit HIV/AIDS, kencing manis, kurang gizi, sakit kanker, menggunakan obat penurun daya tahan tubuh - mis. pasca cangkok organ)
    • MEROKOK
    • Re-infeksi (terinfeksi ulang dari orang yang tinggal di sekitar Anda, yang ternyata juga menderita TB)
    • dll
    Merokok dapat menyebabkan kerusakan pada sel silia (yaitu sejenis "elevator" yang berfungsi mengangkat keluar segala bahan berbahaya dari saluran napas Anda). Hal ini mempermudah seseorang terjangkit infeksi TB dan juga mempermudah seseorang mengalami kekambuhan pengobatan TB. Untuk beberapa tips berhenti merokok, Anda dapat membaca link berikut: Masa Depan Cerah Dengan Berhenti Merokok Apabila Anda mengalami beberapa gejala yang mengarah ke penyakit TB lagi, kami menyarankan Anda untuk segera mengunjungi Dokter Anda. Sebab apabila Anda biarkan, kami khawatir penyakit tersebut akan menyebabkan komplikasi lanjut pada tubuh Anda dan juga Anda dapat menularkan ke orang-orang di sekitar Anda. Untuk memastikan kekambuhan TB, mungkin Anda akan diperiksa dahak ulang dan pemeriksaan Roentgen dada ulang. Apabila masih terdapat hal yang belum jelas, atau ada hal yang masih ingin Anda tanyakan, Anda dapat menghubungi kami kembali melalui forum ini. Kami akan dengan senang hati membantu Anda. Semoga membantu, dr. Radius Kusuma