Tanya Dokter

  • Apa virus TB bisa kambuh kembali?

  •  jefry
    Anggota

    Salam Dok, tahun 2011 lalu saya menderita TB kelenjar dengan benjolan sebesar kelereng di leher sebelah kiri, saya telah melalui pengobatan sekitar 8 bulan dan Puji Tuhan dinyatakan sudah sembuh dan dinyatakan negatif melalui pemeriksaan dahak, yang ingin saya tanyakan apakah virus TB itu bisa sewaktu2 kembali dan bagaimana pencegahannya? Makasih sebelumnya.

    jefry  Dr. Liyadi
    Anggota

    Hi Infeksi TB bisa kembali lagi akibat jenis bakteri TB yang berbeda atau karena infeksi sebelumnya tidak diobati hingga benar-benar 100% tuntas. Infeksi TB dimana penderitanya tidak menunjukkan gejala namun bakteri masih tetap berada di dalam tubuh disebut dengan infeksi TB laten. Untuk lebih lanjut mengenai TB, Anda dapat membaca laman berikut: http://www.alodokter.com/tuberkulosis/ Periksakan ke dokter jika Anda mencurigai Anda terinfeksi TB lagi agar dapat segera ditangani dengan antibiotik yang benar. Dr Liyadi

    Hai, Selamat atas keberhasilan Anda mengalahkan kuman TB. TB adalah penyakit yang disebabkan oleh kuman tuberculosis mycobakterium. Kuman ini bersifat tahan asam dan sangat senang akan jaringan yang banyak mengandung oksigen. Makanya sebagian besar TB menyerang paru paru. Namun kuman ini juga bisa menyerang organ lain seperti kelenjar, tulang, ginjal, mata dan usus. Kuman TB dapat bertahan pada udara kering bahkan udara dingin sekalipun. Bahkan pernah ditemukan kuman TB yang masih aktif pada mumi. Namun kuman ini akan segera mati jika terkena ultraviolet atau diberikan obat sejenis karbol. Karena sifat kuman yang seperti ini maka kemungkinan terjadinya reinfeksi oleh kuman TB setelah dinyatakan sembuh bisa saja terjadi. langkah yang bisa Anda tempuh untuk mencegah kekambuhan adalah :

    1. Jaga stamina tubuh.
    2. Beristirahat dengan cukup.
    3. Makan gizi seimbang.
    4. Pastikan rumah/ kamar Anda memiliki sirkulasi dan ventilasi yang baik sehingga udara dan cahaya matahari bisa masuk.
    5. Hindari kontak dengan seseorang yang positif atau Anda curigai TB yang belum diobati.
    6. Periksakan kemungkinan anggota keluarga yang tinggal serumah terjangkit penyakit ini.
    7. Jika Anda mengetahui seseorang yang Anda kenal terkena penyakit TB, yakinkan dan support untuk pengobatan yang baik dan komplit sesuai petunjuk dokter.
    Semoga bermanfaat. Salam, dr. Yusi