Tanya Dokter

  • TB paru dan rifampicin

  • dok saya baru di diagnosa tb paru dan di kasih obat rifampicin 4 butir sebelum makan tapi jadi kencing merah dan bab kemerahan apa itu efek sampingnya? terus batuk nya ko ga ilang ilang ya dok

    Halo,   Pengobatan lini pertama TBC adalah dengan memberikan regimen 4 jenis obat yang terdiri dari :

    1. Rifampisin
    2. INH
    3. Pyrazinamid
    4. Ethambutol
    Jadi akan ada +/- 4 butir obat yang Anda minum setiap harinya dan diminum paling baik dalam kondisi perut kosong agar penyerapan obat maksimal. BAB dan BAK kemerahan saat mengkonsumsi obat TBC bisa disebabkan karena efek samping obat TBC yaitu Rifampisin yang akan kembali normal begitu obat dihentikan setelah Anda dinyatakan bebas TB. Batuk karena TBC akan semakin berkurang atau mereda secara perlahan dalam waktu 2-4 minggu pengobatan. Jika batuk Anda tidak membaik, atau justru bertambah maka sebaiknya Anda mengkonsultasikan keluhan Anda ke dokter yang merawat Anda, karena batuk belum tentu disebabkan TBC saja namun juga bisa disebabkan karena kondisi lain seperti alergi, infeksi virus, merokok, asma dll. Silahkan mengikuti forum diskusi Infeksi TBC. Semoga bermanfaat.   dr. Yusi