Tanya Dokter

  • Anak sulit makan selama perawatan penyakit TB paru

  • Pagi dok.. Anak saya di fonis oleh rsud terkena penyakit tb paru / flek. Dan sudah melakukan pengobatan sekitar baru 3 minggu. Dan sekarang anak saya B. A. B dan tidak mau makan apa itu efek dr obat atau bukan yh dok.. Terimakasih

    Halo Ivan,

    Tuberkulosis (TB) merupakan suatu penyakit yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium tuberculosis, di mana bakteri ini umumnya menyerang tubuh manusia melalui saluran pernapasan sehingga bakteri ini sering menyerang paru.

    Pengobatan yang akan diberikan untuk mengatasi TB adalah dengan penggunaan OAT atau obat anti tuberkulosis. Namun penggunaan OAT sendiri memiliki beberapa efek samping, antara lain:

    • INH: Otot lemas, kesemutan, mual dan muntah.
    • Rifampisin: demam, menggigil, nyeri tulang, mual, muntah, nyeri perut, diare, tidak nafsu makan, gatal, hepatitis imbas obat, purpura, anemia, gagal ginjal, sesak napas, dan syok, serta menyebabkan warna merah pada urin, air mata, air liur, dan keringat.
    • Pirazinamid: hepatitis imbas obat, nyeri sendi, asam urat, demam, mual, kemerahan.
    • Etambutol: gangguan penglihatan dan buta warna merah hijau.
    • Sreptomisin: kerusakan saraf keseimbangan dan pendengaran, demam, nyeri kepala, muntah, dan kemerahan pada kulit.

    Keluhan yang dialami oleh anak Anda memang dapat disebabkan oleh karena penggunaan OAT, namun baiknya jangan menghentikan penggunaan obat hingga pengobatannya dinyatakan tuntas oleh dokter dan apabila efek samping yang muncul dirasa sangat mengganggu, baiknya konsultasikan hal ini dengan dokter yang merawat anak Anda agar dokter bisa mempertimbangkan pemberian obat tambahan untuk mengurangi efek samping atau bisa juga dilakukan penggantian obat.

    Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk mengatasi keluhan Anda.

    dr Taneya Putri Zahra