Tanya Dokter

  • Pijat pada penderita TB tulang belakang

  • Hallo dok saya mau tanya apakah boleh tb tulang belakang terasa nyeri lalu di urut ?

    Hai,

    TBC atau tuberkulosis merupakan penyakit yang diakibatkan oleh kuman Mycobacterium tuberculosis. Kuman ini utamanya menular melalui percikan dahak orang yang sakit TBC paru dan terhirup ke dalam saluran napas. Di dalam saluran napas, kuman dapat terbasmi, terkurung atau segera menyebar ke seluruh tubuh. Pada kuman yang berhasil terkurung, apabila pengidapnya mengalami penurunan daya tahan tubuh, kuman dapat keluar dari kurungan dan menyebar ke banyak organ tubuh, misalnya paru-paru, kelenjar getah bening, otak, tulang dan ginjal. Salah satu tulang yang sering terlibat pada penyebaran penyakit TB ialah tulang belakang.

    Tulang belakang yang terlibat ini bisa bermacam-macam derajatnya; ada yang derajat ringan sampai berat. Pada TB tulang derajat berat, tulang dapat sedemikian rapuhnya sehingga sebaiknya usaha untuk mengurut punggung penderita TB sebaiknya dihindari (karena dikhawatirkan dapat menyebabkan cedera / patah tulang belakang). Karena itu, untuk menjawab pertanyaan tersebut, diperlukan pengetahuan mengenai derajat penyakit yang dialami saat ini. Untuk itu, memerlukan pemeriksaan langsung oleh Dokter / Ahli Ortopedi (Sp. OT) yang menangani kasus tersebut. Mungkin diperlukan pemeriksaan darah dan foto Roentgen untuk menunjang diagnosis.

    Sementara waktu, penderita TB tulang belakang sebaiknya menghindari mengangkat beban berat. Penderita TB juga sebaiknya rutin berobat dan menuntaskan pengobatan TB (biasanya sekurangnya 6 bulan pengobatan). Lingkungan tempat tinggal penderita juga perlu diatur sedemikian rupa supaya sinar matahari dan sirkulasi udaranya baik (dengan demikian penyebaran kuman TB di udara bisa dihambat).

    Sekian, semoga bermanfaat.

    dr. Radius Kusuma