Tanya Dokter

  • masih batuk-batuk dan terkadang nyeri dada setelah berobat tbc

  • Dok, sudah 6bln saya menjalani pengobatan tbc dan ini yg pertama kali, masih ada batuk2 dan nyeri dada sedikit terkadang. Sesudah 6bln kelar, pemeriksaan fisik baik, saya diberikan obat (lemeson,INH) selama seminggu utk lihat reaksinya. Pada umumny kasus seperti ini ditindak lanjuti pengobatan yg gimana dok? Apa konsumsi lg rfmpisin, INH lg atau memang hrs pngobtan suntik jg? Dan termasuk kategori keberapa tbc saya dok?

    Hai, Infeksi tuberkulosis pada manusia disebabkan oleh bakteri Mycobacterium tuberculosis, atau bakteri tahan asam (BTA). Penderita Tuberkulosis (biasa disingkat TBC atau TB) secara garis besar dapat dikelompokan dalam beberapa klasifikasi yang berbeda. Klasifikasi penderita TBC ini akan menentukan kelompok pengobatan yang diberikan. Berikut merupakan klasifikasinya : A. Klasifikasi berdasarkan organ tubuh yang terkena :

    1. Tuberkulosis paru - infeksi terjadi pada paru-paru
    2. Tuberkulosis ekstra paru - infeksi terjadi pada organ tubuh lain diluar paru
    B. Klasifikasi berdasarkan hasil pemeriksaan lab dahak pada kasus TB paru:
    1. TB paru dengan hasil pemeriksaan BTA positif
    2. TB paru dengan hasil pemeriksaan BTA negatif
    C. Klasifikasi berdasarkan riwayat pengobatan sebelumnya
    1. Kasus baru
    2. Kasus kambuh (relaps) - pada orang yang sebelumnya pernah TB dan dinyatakan sembuh, namun menderita gejala TB lagi dan hasil lab dinyatakan positif TB
    3. Kasus putus berobat (default) - pasien yang telah menjalani pengobatan tapi putus berobat selama 2 bulan atau lebih dan hasil tes lab terakhir positif TB
    4. Kasus gagal (failure) - setelah menjalani pengobatan lengkap, namun hasil lab terakhir ternyata tetap positif TB
    Pemberian pengobatan yang diberikan pada penderita TB dibedakan berdasarkan klasifikasi pada penderita TB tersebut, yaitu :
    1. Pengobatan kategori 1 - pengobatan selama 6 bulan. Diberikan pada pasien baru TB paru, pasien TB ekstra paru
    2. Pengobatan kategori 2 - pengobatan selama 8 bulan. Diberikan pada pasien kambuh (relaps), pasien putus berobat (default), dan pasien gagal (failure)
    Setelah menjalani pengobatan untuk tuberkulosis, sebulan menjelang akhir pengobatan atau pada akhir pengobatan maka akan kembali dilakukan pemeriksaan lab dari dahak Anda untuk memeriksa kandungan bakteri (BTA) pada dahak tersebut. Keputusan mengenai  pengobatan apa yang selanjutnya akan diberikan akan berbeda-beda tergantung dari hasil dari tes dahak tersebut, bukan tergantung dari gejala apa yang Anda alami pada akhir masa pengobatan. Untuk membaca artikel mengenai tuberkulosis Anda dapat membuka halaman ini.     Semoga membantu, Dian Paramitasari, dr.