Tanya Dokter

  • Penyebab batuk berdarah

  •  nonaa
    Anggota

    Selamat siang dok, saya didiagnosis menderita tbc paru sebulan lalu, seudah mejalani pengobatan selama satu bulan dengan meminum obat tbc sebelum tidur setiap hari. Lalu selama 4 hari ini saya memindahkan waktu meminum obat pada pagi hari sebelum makan.. tetapi tadi pagi saya batuk berdahak dan mengeluarkan darah beberapa jam setelah meminum obat tb dan sarapan.. padahal sebelumnya saya tidak pernah batuk berdarah bahkan dahak pun tidak keluar.. kira kira disebabkan oleh apa ya dok? Terimakasih

    Halo,   Batuk darah yang Anda alami bisa disebabkan karena infeksi TBC Anda yang masih berlangsung. Namun juga bisa disebabkan karena kondisi seperti :

    1. pengaruh obat.
    2. Luka pada saluran nafas
    3. Peradangan saluran nafas
    4. Bronkitis
    5. dll.
    Untuk memastikan penyebab batuk Anda maka pemeriksaan fisik akan diperlukan. Dokter bisa mengetahui penyebab keluhan Anda dengan melakukan tes fisik dan medis seperti tes dahak dll. Dengan mengetahui penyebabnya maka pengobatan bisa diberikan. Untuk mengurangi keluhan Anda maka sebaiknya Anda tetap mengkonsumsi obat TBC Anda sesuai aturan, hindari makanan yang merangsang batuk, banyak minum air putih, dan cukup istirahat. Baca topik Mengatasi batuk berdarah. Semoga membantu.   dr. Yusi