Tanya Dokter

  • Aktivitas yang boleh dilakukan pada seorang dengan riwayat TBC kelenjar

  • Dok saya wanita umur 19 thn. Waktu saya umur 17 tahun saya terkena penyakit tbc kelenjar tapi almhamdulillah sekarang in shaa allah sudah di nyatakan sembuh dengan di oprasi dan mengkonsumsi obat selama 9 bulan. Pertanyaannya, apakah dengan kondisi saya sekarng yang sudah di oprasi dan di nyatakan sembuh dengan penyakit tbc kelenjar tidak boleh olahraga terlalu capek? Karena saya biasa olahraga seminggu 4x karena terprogram oleh pelatih (saya atlet). Terimakasih dokk

    Halo Syifa......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Tuberkulosis kelenjar, dimana kasus terbanyak terjadi pada leher, dalam bahasa medis disebut sebagai scrofula. Sebanyak 95% scrofula yang terjadi pada dewasa disebabkan oleh kuman jenis Mycobacterium tuberculosis.

    Pada dasarnya seseorang sudah dinyatakan sembuh dari penyakit Tuberkolosis kelenjar atau TBC kelenjar dapat melakukan aktifitas seperti biasanya layaknya orang normal, termasuk berolahraga.

    Yang paling terpenting saat ini adalah selain berolahraga, Anda harus melakukan pola hidup sehat lainnya seperti : makan makanan yang sehat dan bergizi tepat waktu, minum air putih minimal 2 Liter perhari, tidur dan istirahat yang cukup, perbanyak makan buah dan sayur, kelola stress psikologis, stop merokok dan jangan minum minuman keras.

    Klik artikel di bawah ini yang sesuai dengan pertanyaan Anda :

    POLA HIDUP SEHAT 

    Demikian penjelasan yang dapat disampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    @dr.jati