Tanya Dokter

  • Kulit wajah kusam dan hitam

  •  ebihpb
    Anggota
    Dok mau nanya,kulit saya kusam dan hitam. Sudah pake apa aja tidak ada perubahan. Sekalinya ada perubahan di bagian hidung & jidat masih hitam. Jadi belang gitu dok. Ini kulit saya knp ya. Umur saya baru 17thn

    Ebih yang baik,

    memiliki kulit yang cerah adalah dambaan setiap orang tak terkecuali baik pria maupun wanita. Dengan memiliki kulit yang cerah seseorang memiliki kepercayaan diri untuk mengembangkan dirinya sebagai individu yang utuh. Oleh karenanya banyak sekali jalan yang ditempuh seseorang untuk menyingkirkan warna kusam di wajah. Sayangnya banyak dari mereka yang belum berhasil karena tidak benar-benar mengerti bagaimana cara merawat kulit yang baik maupun produk apa yang sebaiknya digunakan untuk membantu menghilangkan warna kusam di wajah.

    Tipe kulit orang berbeda-beda oleh karenanya perawatannya pun berbeda-beda. Secara garis besar untuk dapat menyelesaikan masalah kusam di wajah, hindarilah hal-hal yang menyebabkan wajah kusam seperti merokok dan paparan sinar matahari. Jika Anda terpaksa terpapar sinar matahari kenakan tabir surya dengan SPF 30 atau lebih, termasuk ketika mendung. Batasi pula aktivitas antara pukul 10-14 karena radiasi matahari yang sedang kencang-kencangnya. Cuci wajah minimal 2 kali sehari dengan air hangat dan sabun yang cocok. Jika kulit Anda tidak kering, Anda dapat mengaplikasikan eksfoliator untuk membantu mengganti kulit mati dengan kulit baru. Namun harap diingat bahwa suatu produk yang berhasil bagi orag lain belum tentu cocok bagi Anda. Periksakanlah terlebih dahulu kondisi Anda pada dokter kulit agar perawatan kulit dapat berlangsung dengan aman. Berikut kami lampirkan artikel mengenai penanganan wajah kusam. Semoga bermanfaat.

     

    dr. N. K. Arief