Tanya Dokter

  • Apa teh jati belanda berbahaya?

  •  oca arum
    Anggota

    Saya mau tanya karena penasaran sekali,teh itu kan bagus untuk kesehatan,tapi ada beberapa jenis teh yg fungsinya dapat dijadikan sebagai pencahar,apakah perbedaan antara teh biasa dengan teh pelangsing atau pencahar? Dan apakah bahaya jika konsumsi teh jati belanda setiap hari

    oca arum  Dr. Liyadi
    Anggota

    Hi Ibu Oca

    Teh mempunyai efek diuretik karena kandungan kafein nya. Ini berarti dengan meminum teh, tubuh kita akan membuang lebih banyak cairan. Ini merupakan salah satu cara dimana teh dapat mengurangi berat badan seseorang.

    Ada beberapa penelitian medis yang menunjukkan bahwa teh hijau (green tea) dan teh oolong berkhasiat dalam membakar lemak dan menurunkan berat badan. Tapi, penelitian yang lebih dalam dan lebih besar masih diperlukan untuk membuktikan hal ini sepenuhnya. Yang jelas, selama teh dikonsumsi dengan alami, tidak berlebihan dan tanpa gula yang tinggi, meminumnya akan mendatangkan manfaat. Mengonsumsi teh terlalu banyak dapat menyebabkan anemia akibat kekurangan zat besi. Sedangkan mengonsumsi teh dengan banyak gula malah akan meningkatkan berat badan serta risiko terkena diabetes.

    Manfaat-manfaat teh berbeda-beda sesuai jenisnya. Berikut adalah laman tentang berbagai jenis teh yang umum:

    http://www.webmd.com/diet/features/tea-types-and-their-health-benefits

    Untuk teh yang fungsinya sangat spesifik seperti sebagai pencahar atau pelangsing, sebaiknya diketahui dulu komposisi nya secara detail sebelum dikonsumsi. Umumnya produk-produk seperti ini bukanlah 100% dari daun teh alami. Biasanya mereka dikelola sedemikian rupa sehingga mempunyai efek demikian.

    Periksalah produk yang Ibu minum dengan BPOM untuk memastikan keamanannya untuk kesehatan Ibu. Jangan sampai kita membeli dan mengonsumsi barang yang tidak disahkan oleh BPOM.

    Ingatlah bahwa semua makanan alami itu bermanfaat bagi tubuh asal kita tidak mengonsumsinya secara berlebihan. Pastikan jenis menu makanan Ibu cukup beragam agar kebutuhan gizi sehari-hari dapat dipenuhi.

    Jika ingin menurunkan berat badan, cara terbaik dan paling aman adalah dengan mengatur asupan kalori makanan dan dengan membakar kalori melalui olahraga yang rutin atau dengan aktif bergerak. Pola hidup yang sehat bukan hanya akan memberikan Ibu berat badan yang ideal tapi akan mempertahankan berat badan tersebut.

    Diet ekstrim atau melalui cara yang tidak alami bukan hanya berpotensi berdampak buruk pada kesehatan tapi juga biasanya tidak bertahan lama; berat badan bisa kembali naik dalam waktu yang singkat.

    Berikut adalah laman yang saya yakin bisa membantu Ibu jika ingin menurunkan berat badan:

    http://www.alodokter.com/diet-cepat-atau-diet-sehat

    http://www.alodokter.com/Kalori-Kunci-Berat-Badan-Sehat

    Semoga membantu yah Bu.

     

    Dr Liyadi

     

  • Apakah informasi ini bermanfaat untuk anda? Iya atau Tidak

    Terima kasih atas masukan anda.