Tanya Dokter

  • Perbedaan gejala tekanan darah rendah dan asam lambung

  •  didii
    Anggota

    selamat sore dokter. saya ingin bertanya, saya perempuan tinggi 159,5 cm dan bb 55 kg. akhir-akhir ini pola makan saya tidak teratur. ketika saya berdiri dari posisi duduk pandangan buram, gelap dan kadang oleng untuk beberapa saat. kadang saya jg mual dan seperti susah untuk bernafas seperti ada yg menghalangi di tenggorokan. apa ini asam lambung saya naik atau tekanan darah saya rendah? terimakasih sebelumnya.

    Hallo, Pola makan yang tidak teratur dapat berpengaruh terhadap produksi dan keseimbangan asam lambung. Peningkatan asam lambung akan terjadi tanpa diseimbangi dengan asupan makanan yang membantu melindungi lapisan dinding lambung. Kebiasaan makan tidak teratur yang terlampau lama atau diet ketat dapat mengakibatkan iritasi lambung serta naiknya asam lambung ke saluran pencernaan yang lebih atas yaitu kerongkongan, sehingga dapat mengiritasi lapisan kerongkongan dan mengakibatkan rasa nyeri atau sesak di ulu hati dan dada bagian tengah (heartburn), serta rasa mual. Gejala yang Anda alami dapat mengarah pada diagnosa hipotensi ortostatik (postural hypotension). Ketika kita berdiri, gaya gravitasi akan mengakibatkan darah berkumpul pada bagian terendah tubuh yaitu kaki. Hal ini akan menyebabkan tekanan darah turun karena berkurangnya volume darah balik yang dapat dipompa oleh jantung kita. Pada hipotensi ortostatik, hal-hal tertentu menyebabkan proses normal tubuh dalam menanggulangi keadaan tekanan darah rendah menjadi terganggu. Kondisi yang dapat menyebabkan hal ini salah satunya adalah dehidrasi, yang dapat terjadi akibat demam, muntah, kurangnya minum air putih, diare atau olah raga yang berat sehingga dapat menyebabkan kurangnya volume darah. Keadaan ini biasanya tidak menggaggu keadaan sehari-hari dan jarang berdampak serius, namun jika sampai telah mengganggu aktivitas sehari-hari maka Anda perlu mewaspadai keadaan ini dan sebaiknya memeriksakan diri ke Dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan lanjut demi mengetahui penyebab pasti keadaan Anda, serta dapat dilakukan penanganan yang paling tepat. Tips untuk Anda:

    • Minum air putih minimal 8 gelas/hari (minum lebih jika Anda berkativitas berat atau olah raga berat)
    • Konsumsi makanan kecil di sela-sela makan berat Anda untuk mencegah produksi asam lambung yang berlebihan
    • Tidur dengan bantal yang lebih tinggi
    • Usahakan berdiri dengan lebih pelan atau diam sejenak setelah berdiri dari posisi duduk atau tidur (untuk mencegah jatuh akibat rasa ringan pada kepala/pandangan yang gelap)
    • Olah raga teratur untuk meningkatkan kekuatan jantung
    Sekian, semoga bermanfaat. dr. Radius Kusuma

    didii  didii
    Anggota

    tp dok tekanan darah saya normal.. kepala belakang saya terasa ditekan, berat dan kaya pegal. tenggorokan saya terasa ada yg mengganjal dan panas. nafas seperti berat. apa itu mungkin saya anemia?