Tanya Dokter

  • Mengatasi tekanan darah tinggi

  •  Maulana
    Anggota
    Dok tekanan darah saya biasanya s3lalu normal kisaran 120/80..tetapi tiba.tiba saya mengalami kepala pusing dan vertigo.sempat keluar darah dari hidung setelah di tensi 140/90..memang saat itu kondisi saya kurang istirahat..olah raga saya rutin tiap pagi 3tau 4x semingu..apakah dgn tensi segitu saya sdh dibilang hypertensi dok..apakah bisa normal kembali terima kasih dok

    Terimakasih telah bertanya di Alodokter

     

    Tekanan darah merupakan tolak ukur dari kekuatan jantung memompa darah ke seluruh tubuh manusia. Dibagi menjadi tekanan sistole dan tekanan diastole. Sistole atau angka pertama, menunjukkan tekanan darah saat jantung bekerja. Sedangkan diastole atau angka kedua , menunjukkan tekanan darah  saat jantung beristirahat. 

    Batas tertinggi tekanan darah pada orang normal adalah 120/80mmHg.Tekanan darah diatas 120/80mmHg dikatakan sebagai pre hipertensi (kurang dari 130/90) maupun hipertensi (lebih dari 140/90). Tekanan darah anda saat ini sudah termasuk kedalam hipertensi.

     

    Hipertensi dapat disebabkan oleh banyak faktor yakni gaya hidup tidak sehat, konsumsi garam harian berlebih, stress / kondisi emosi tidak stabil, memiliki penyakit metabolik penyerta lainnya (kencing manis, gangguan jantung, gangguan ginjal). Terkadang saat seseorang mengalami kelelahan tekanan darah dapat naik dari batasan normalnya.

    Apabila tekanan darah tinggi disertai terjadinya mimisan, sebaiknya anda perlu berhati-hati. Ketika tekanan darah seseorang tinggi maka dapat berefek ke berbagai organ tubuh termasuk pecahnya pembuluh darah hidung.  

    Sebaiknya anda rutin memeriksakan diri anda ke dokter spesialis penyakit dalam untuk mengontrol tekanan darah anda, dan agar terhindar dari KOMPLIKASI penyakit darah tinggi. Dokter akan memberikan obat penurun tekanan darah yang sesuai dengan kondisi medis anda.

     

    Untuk penderita tekanan darah tinggi tahap awal, dokter umumnya akan menganjurkan perubahan pola hidup. Anjuran yang sebaiknya dilakukan ketika anda memiliki penyakit tekanan darah tinggi :

    -Mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi. Panduannya dapat dilihat di sini.

    -Batasi konsumsi garam dalam menu makanan anda, termasuk ikan asin, telur asin, makanan kaleng olahan dan lain sebagainya.

    -Kurangi konsumsi makan berlemak dan berminyak

    -Beristirahat minimal 8 jam setiap malam

    -Minum air putih minimal 3liter/hari

    -Rutin mengkonsumsi obat penurun tekanan darah yang diresepkan dokter

    -Hindari rokok dan alkohol

    -Kelola stress anda dengan baik

     

    Berikut artikel terkait HIPERTENSI

     

    Semoga bermanfaat

    Salam, dr. Natalia