Tanya Dokter

  • Tekanan darah rendah

  • Siang dok.. sy berusia 28 tahun, sejak umur belasan hingga sekarang tensi saya sekitar 100/60, 90/60, 80/60 dan paling rendah hanya 70/60. Hb saya pun tergolong rendah karena setiap ingin mendonor selalu di tolak karena Hb rendah. Saya beraktifitas normal/tidak mengalami pusing. Hanya saja jika kecapekan dada saya terasa sesak. Apakah hal tersebut normal? apakah saya perlu melakukan pemeriksaan lanjutan?

    Hai Wiwik Tekanan darah dapat bervariasi sepanjang hari tergantung dari waktu, kondisi tubuh dan lingkungan. Dikatakan tekanan darah bila kurang dari 90/60. Pada beberapa orang terutama wanita, tekanan darah cenderung rendah dan itu merupakan keadaan normal asalkan tanpa gejala dan juga penyebab dari penyakit lain. Pada orang dengan tekanan darah yang rendah dapat lebih mudah lelah, pusing, dan kadang pingsan terutama saat berdiri dalam waktu yang lama, cuaca panas, kelelahan, lapar,dll. Untuk mencegah terjadinya tekanan darah rendah yang dapat Anda lakukan antara lain:

    • Berolahraga teratur seperti lari pagi, berenang, minimal 30 menit perhari 3x seminggu
    • Makan makanan bergizi seperti daging, buah dan sayuran secara seimbang
    • Minum air putih minimal 2-3 liter perhari dan tingkatkan bila terutama saat cuaca panas atau keringat berlebih
    • Tidak berdiri terlalu lama, hindari cuaca panas berlebih dan kelelahan.
    Berikut informasi mengenai penyebab tekanan darah rendah: Tekanan darah rendah (hipotensi). Semoga membantu ya. Terima kasih. dr.Yan william