Tanya Dokter

  • Hubungan tinnitus dengan tekanan darah rendah

  •  dwiRetno
    Anggota

    Halo dok, saya mau menanyakan kalo tekanan darah yang diastoliknya sering dibawah 60, beberapa kali nyoba hasilnya antara 50-60, untuk tekanan sistoliknya normal di 100-110. Kebetulan sudah dua hari ini setiap bangun pagi berasa pusing sampai satu hari. Selain itu sudah 1 tahun lebih saya menderita tinnitus kata dokter THT salah satu penyebabnya karena tidak lancarnya aliran darah ke syaraf telingga saya, apakah ada hubungannya dengan tekanan diastolik saya yang sering dibawah 60? Apakah saya perlu periksa lebih mendalam? Mohon pencerahaannya.

    Hai,

    Tekanan darah diukur dengan memerhatikan tekanan sistolik dan tekanan diastolik. Darah membawa oksigen dan zat gizi; sementara jantung bekerja sebagai pompanya. Karena setiap sel tubuh memerlukan oksigen dan zat gizi, tekanan darah yang normal menjadi penting untuk menjaga fungsi yang baik dari seluruh organ tubuh.

    Tekanan sistolik berarti tekanan darah yang terukur saat otot jantung sedang memompa (berkontraksi); sebaliknya tekanan diastolik berarti tekanan darah yang terukur saat otot jantung sedang mengisi darah. Sepanjang nilai sistoliknya baik dan tekanan darah arteri rerata (mean arterial pressure) di atas 60, tekanan darah dapat dianggap normal dan dianggap dapat memenuhi kebutuhan darah pada seluruh organ tubuh (yang pembuluh darahnya normal/tidak menyempit/tidak ada kelainannya). Tekanan darah arteri rerata dapat dihitung dengan rumus tekanan diastolik x 2 tambah tekanan sistolik, dibagi 3.

    Tinnitus / telinga berdenging bisa disebabkan oleh banyak hal selain gangguan aliran darah, misalnya kerusakan organ pendengaran, faktor usia, paparan bising, kotoran telinga, timbunan cairan di telinga tengah dan efek samping obat. Konsultasikanlah ke Dokter / Spesialis THT untuk pemeriksaan lebih lanjut terkait keluhan tinnitus.

    Baca juga artikel menarik tentang telinga berdenging.

    Sekian, semoga bermanfaat.

    dr. Radius Kusuma