Tanya Dokter

  • Haid terlambat dan kehamilan

  • Dok sya mau tanya teman saya ada yg sampai 3 bulan ini haidnya tdak teratur Dia melakukn hubungan intim pd tanggal 10 maret dan tak melakukan nya lagi nah dia haid telat 5 hari biasanya tanggal 15 dan dia haid tgl 20 trus bulan selanjutnya telat 7 hari dan bulan sekarang belum haid juga apakah dia hami? Terimakash

    Halo,   Jika teman Anda hanya melakukan hubungan seksual satu kali saja saat tanggal 10 maret seperti yang Anda sebutkan dan tidak melakukannya kembali pada hari hari selanjutnya  maka kemungkinan terjadi kehamilan sangat kecil sekali bahkan bisa dikatakan tidak terjadi kehamilan. Karena pada tanggal 20 maret dan bulan selanjutnya (april) masih terjadi siklus menstruasi (walaupun telat). Telatnya menstruasi bisa disebabkan banyak faktor penyebab seperti :

    1. Kehamilan = akan terjadi jika teman Anda masih melakukan hubungan seksual tanpa pengaman (kontrasepsi).
    2. Stress psikis = kecemasan, depresi, ketegangan berlebih dll.
    3. Penggunaan KB = KB suntik
    4. Jaringan fibroid pada rahim
    5. Pola diet yang buruk / malnutrisi
    6. olahraga ekstrem yang berlebihan.
    7. Gangguan hormonal.
    8. dll.
    Untuk mengetahui alasan penyebab telatnya menstruasi teman Anda maka pemeriksaan secara langsung akan diperlukan. Dokter akan memeriksa kondisi teman Anda secara seksama dan melakukan tes medis lain seperti USG, tes darah dan tes urin jika diperlukan. Dengan begitu maka pengobatan bisa diberikan sesuai dengan penyebab keluhan Anda. Untuk memperlancar haid Anda, Anda dapat melakukan beberapa langkah seperti :
    1. berolahraga ringan teratur.
    2. Istirahat cukup.
    3. Relaksasi untuk kelola stress Anda.
    4. Makan makanan gizi seimbang.
    Semoga bermanfaat.   dr. Yusi