Tanya Dokter

  • telapak kaki bengkak pasca imunisasi

  • Dok saya mau nanya. Kemarin anak saya dapat imunisasi DPT 2 dan Polio 3. Lalu kaki anak saya bengkak pas dibagian telapak kakinya kiri dan kanan. Bekas suntikan tidak ada bengkak tp di telapak kaki bengkak. Stiap saya gendong telapak kaki yg bengkak itu jd biru tidak merah seperti biasanya. Tp setiap ditidurin tidak berwarna biru. Apakah itu penyebabnya krna imunisasi dok ? Atau apakah ada pnyebab lainnya ?

    Salam, Pembengkakan dan warna biru pada daerah kaki bayi kemungkinan suatu kondisi yang perlu diedentifikasi. Hal ini merujuk, belum ada data yang mendukung komplikasi imunisasi DPT ataupun polio yang menyebabkan gangguan atau keluhan pembengkakan pada kaki dan kebiruan pada kaki/telapak kaki. Adanya pembengkakan dan kebiruan pada kaki /telapak kaki kemungkinan disebabkan oleh kondisi lainnya: 1. gangguan peredaran darah, pada saat Anda menggendong, pembuluh darah tungkai tertekan, sehingga menyebabkan keluhan bitu dan bengkak 2. gangguan kelenjar limfe 3. gangguan sel darah merah 4. Milroy disease 5. gangguan elektrolit atau albumin 6. gangguan jantung Namun hal ini perlu dilakukan pemeriksaan langsung oleh dokter spesialis Anak untuk memastikan penyebab keluhan ini. Sedini mungkin Anda melakukan pemeriksaan, maka sedini mungkin dokter dapat memastikan apkah kondisi ini adalah wajar atau sebagai komplikasi suatu penyakit. Dokter akan melakukan pemeriksaan dan evaluasi terhadap semua sistem tubuh dan bila diperlukan, pemeriksaan penunjang akan dilakukan untuk mengetahui penyebab nya. Dengan demikian, penanganan dan perawatan dapat segera dilakukan. Yang perlu Anda lakukan adalah: 1. luruskan kaki kearah bawah, agar tidak beresiko terjadi penekanan pada kaki bayi 2. lakukan regangan pada kaki bayi pada tungkai atas dan bawah, sehingga membantu peredaran darah 3. identifikasi keluhan lain yang mungkin belum kita ketahui, seperti bibir biru saat menangis, anak gelisah, atau sesak Demikian info yang bisa kami sampaikan, baca juga gangguan jantung anak. dr. Ulfi