Tanya Dokter

  • Mengatasi telapak kaki memar dan terasa panas

  •  Pramodya
    Anggota
    Selamat sore dok... saya mau bertanya kemarin saya tidak sengaja menginjak paku tetapi tidak keluar darahnya cuma memar di bagian itu dan agak panas rasanya untuk beraktivitas... bagaimana cara mengobatinya dok?

    Halo Pramodya, terimakasih atas pertanyaannya untuk Alodokter

     

    Kaki yang terluka karena menginjak paku memerlukan evaluasi dan tata laksana yang baik karena bisa menimbulkan bahaya berupa infeksi hingga terjadinya tetanus. Luka tertusuk paku berbeda dari luka gores karena meskipun luka yang ditimbulkan kecil dan perdarahan biasanya minimal, luka yang terjadi masuk menembus ke lapisan kulit yang lebih dalam berisiko membawa benda asing kecil seperti tanah atau batu kecil dan juga mikroorgaisme seperti bakteri untuk masuk ke dalam kulit. Oleh karena itu luka tusuk terutama oleh paku memerlukan penanganan luka oleh tenaga medis.

    Pembersihan luka perlu dilakukan bukan hanya pada luka yang terlihat di luar, namun perlu dilakukan hingga ke bagian dalam luka juga. Pada beberapa kasus, diperlukan penyuntikan obat bius lokal di sekitar daerah yang tertusuk agar luka bisa dibersihkan dengan baik. Pada luka tusuk akibat paku, bila tidak diketahui status vaksinasi tetanus anda, kemungkinan akan diperlukan pemberian vaksinasi dan juga tetanus immunoglobulin (TIG). Kemungkinan besar anda juga akan diresepkan obat berupa antibiotik untuk mencegah berkembangnya infeksi pada luka tusuk.

    Bila anda menjumpai gejala-gejala berikut ini, segera pergi ke rumah sakit

    1. Luka tusuk menjadi membengkak, nyeri, kemerahan, dan teraba panas
    2. terjadi demam
    3. luka mengeluarkan nanah atau cairan berbau busuk
    4. luka meluas dan menjadi kehitaman
    5. terjadi perdarahan yang tidak bisa dihentikan

     

    Sementara belum ke dokter, anda dapat menjaga agar luka anda tetap kering dan bersih, tutup luka dengan plester luka, dan usahakan kurangi tumpuan pada kaki yang luka agar kaki tidak nyeri. Anda juga dapat mengkonsumsi obat antinyeri seperti parasetamol atau ibuprofen untuk mengurangi nyeri.

     

    Sekian informasi dari saya, semoga cukup menjawab

     

    dr. Irna Cecilia