Tanya Dokter

  • Telapak tangan tiba-tiba basah dan bergetar saat gugup

  • Selamat malam Dok., Saya seorang mahasiswa usia 19 tahun dengan tinggi 183 cm, berat 74 Kg, dan tensi darah 120/80. Waktu saya menggunakan gawai, tiba-tiba tangan saya menjadi agak basah. Selain itu ketika saya sedang presentasi atau waktu dibentak saat ospek, (kata teman saya) tangan saya menjadi bergetar. Apakah hal-hal tersebut merupakan suatu gejala penyakit ? Atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih.

    Hai, Arif. Telapak tangan yang basah merupakan tanda bahwa pada saat itu kelenjar keringat sedang bekerja. Bagi sebagian besar orang, telapak tangan yang basah bukan pertanda sebuah gangguan medis tertentu. Namun ada gejala yang disebut Hyperhydrosis, yakni ketika kelenjar keringat memproduksi terlalu banyak keringat, dan biasanya muncul pada remaja atau dewasa muda karena pengaruh perubahan hormon. Gejala ini sendiri tidak membatasi produksi keringat berlebih hanya di daerah telapak tangan, namun dapat juga pada kaki, ketiak, selangkangan dan tubuh secara keseluruhan.

    Kondisi Hyperhydrosis dibagi dua berdasarkan penyebabnya:

    • Primary idiopathic hyperhydrosis. Kata 'idiopathic' disini artinya adalah belum diketahui penyebabnya.
    • Secondary hyperhydrosis. Istilah ini diperuntukkan bagi mereka yang mendapatkan gejala hyperhydrosis sebagai dampak dari penyakit lain yang sudah lebih dulu ada, seperti obesitas, asam urat, diabetes, hipertiroid, stress, cemas, tumor, dan menopause bagi wanita.

    Bila kondisi yang Anda alami cukup mengganggu, sebaiknya Anda memeriksakan diri Anda ke dokter dengan menginformasikan gejala-gejala juga saat-saat dimana telapak Anda basah. Sementara ke dokter, sebaiknya Anda juga memperhatikan apakah telapak tangan Anda tetap basah ketika Anda berada dalam kondisi santai/tidak tegang.

    Patut untuk diingat, bahwa hyperhydrosis sendiri bukanlah diagnosis penyakit, melainkan gejala. Sangat mungkin ada penyakit lain yang mendasari sehingga gejala tersebut timbul. Dibutuhkan pemeriksaan lebih lanjut untuk dapat memastikan kondisi Anda, sehingga Anda mendapatkan penanganan yang betul-betul sesuai untuk Anda. Bila Anda membutuhkan informasi lebih lanjut, silahkan baca artikel kami tentang Hiperhidrosis.

    Sekian, semoga bermanfaat.

    dr. Amadeo D. Basfiansa