Tanya Dokter

  • Telat menstruasi

  •  Fitrye Oonkz
    Anggota
    Dok saya sudah telat haid selama 3 bln di test pack muncul 2 garis cuman yg satu buram di test lagi malah gag muncul 2 garis melainkan satu tapi saya merasa pusing dlm beberapa waktu ini payudara saya kadang kadang juga terasa nyeri banget dan pinggang saya terasa sakit knpa ea dok ????

    Selamat malam Fitrye Oonkz,

    Apakah sebelumnya siklus haid Anda teratur? Test pack adalah alat bentuknya stik kecil yang berfungsi untuk membantu mendeteksi adanya kehamilan yang dapat dilakukan mandiri. Cara kerja testpack yaitu dengan cara mendeteksi adanya hormon hCG (hormon kehamilan) pada urin. Sepeti gejala-gejala yang Anda alami (pusing, payudara dan pinggang yang nyeri), hasil test pack merupakan tanda kehamilan tidak apsti, karena dapat menunjukkan hasil positif ataupun negatif palsu. Selain disebabkan oleh kehamilan, siklus haid yang datang terlambat juga dapat disebabkan oleh beberapa kemungkinan lain, diantaranya:

     

    1. Alat kontrasepsi: Beberapa alat kontrasepsi seperti pil KB, KB suntik, implan dan IUD dapat membuat siklus haid menjadi tidak teratur dan terkadangan menyebabkan terjadinya flek atau bercak darah diluar siklus haid.
    2. Pola hidup sehari-hari: Olahraga terlalu berat dan berat badan turun atau meningkat drastis dapat mengganggu siklus haid menjadi tidak lancar. Selain itu stress juga dapat menyebabkan terganggunya siklus haid.
    3. Sindrom ovarium polikistik: Merupakan kumpulan gejala yang disebabkan oleh kista kecil didalam indung telur, sehingga membuat hormon menjadi tidak seimbang.
    4. Gangguan pada kelenjar tiroid

    Karena Anda telah mengalami keterlambatan haid selama 3 bulan, maka sebaiknya periksakan ke dokter spesialis kandungan ya. Dokter akan melakukan wawancara, pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang yang diperlukan seperti USG, tes darah, dll, agar dapat diketahui penyebabnya dan dokter dapat memberikan penanganan yang tepat.

     

    Tips-tips yang dapat dilakukan untuk membantu siklus haid agar teratur diantaranya:
    • Makan makanan bergizi dan hindari makanan cepat saji maupun berpengawet.
    • Hindari rokok dan minuman beralkohol.
    • Hindari dan kendalikan stress.
    • Menjaga berat badan tetap dalam batas ideal.
    • Cukup beristirahat.
    • Berolahraga secara teratur.
    Semoga bermanfaat,
    dr. Natasha