Tanya Dokter

  • telat datang bulan dan keputihan

  • slamt pagi mnjlng siang dok :) dok , pacar saya bertanya sma saya.

    kta dya ' kalo tlat datang bulan slama 1 minggu berbahaya ga? and dya juga mengalami keputihan dok.

    padahal sudah mengkonsumsi ramuan2 herbal. seperti jeruk nipis cmpr madu.

    tlng kasi solusi.y ya dok:'( trmksh :'(

    Halo,   Telat datang bulan bisa merupakan salah satu akibat stress psikis ataupun bisa juga merupakan salah satu indikasi medis yang memerlukan perhatian lebih. Jika selama ini siklus menstruasi Anda tidak pernah terlambat (selalu sesuai) maka jika tiba tiba terjadi keterlambatan Anda sebaiknya memperhatikan dengan seksama adakah gejala lain yang timbul. Jangan khawatir berlebih. Namun jika setelah 2 minggu tidak ada tanda menstruasi Anda kembali normal maka Anda bisa memeriksakan diri ke dokter kandungan terdekat. Terlambatnya siklus menstruasi Anda bisa disebabkan karena :

    1. Gangguan hormonal
    2. kehamilan
    3. Stress psikis berlebih.
    4. Perubahan berat badan yang tiba tiba dan ekstrem.
    5. Latihan berat/ olahraga yang ekstrem.
    6. Penggunaan KB
    7. Adanya kista/ polip dalam rahim.
    8. Gangguan tiroid.
    9. dll.
    Memastikan keterlambatan siklus menstruasi Anda memerlukan pemeriksaan fisik dan tes medis seperti tes darah dan USG. Dengan demikian dokter kandungan bisa mengetahui penyebab keterlambatan Anda dan melakukan pengobatan yang sesuai. Agar siklus menstruasi Anda tetap lancar maka Anda bisa melakukan :
    • Olahraga ringan teratur.
    • Banyak minum air putih.
    • Makan gizi seimbang.
    • Relaksasi
    • kelola stress.
    Baca topik Terlambat Menstruasi. Sementara Keputihan yang Anda alami juga perlu dipastikan apakah keputihan tersebut mengalami gangguan atau tidak. Keputihan yang normal terjadi adalah keputihan yang tidak berbau dan tidak menimbulkan keluhan seperti gatal dll. Jika keputihan Anda mengalami perubahan warna dll maka dengan pemeriksaan tes lendir keputihan akan bisa diketahui penyebab keputihan Anda. Baca topik Keputihan. Jaga kebersihan organ intim Anda, kelola stress, hindari seks bebas akan menghindari Anda dari keputihan. Semoga bermanfaat.   dr. Yusi