Tanya Dokter

  • Telat menstruasi dan mengalami keputihan

  •  Dwi Oktaviani
    Anggota

    Hai dok, saya dwi usia 20thn.. Dok saya mau tanya dong.. Sirkulasi menstruasi saya biasa sekitar 28hari tapi sudah 35hari lebih saya belum juga mendapat menstruasi, dan selama saya blm menstruasi saya mengalami keputihan yg berbeda-beda terkadang bergumpal berwarna seperti susu tapi tak berbau tapi ada beberapa kali berwarna hijau bergumpal tapi tak berbau juga.. Tolong bantu solusinya dong dok:)

    Halo,   Menstruasi terlambat bisa disebabkan karena :

    1. Kehamilan
    2. Stress psikis
    3. Latihan berat berlebih
    4. Penurunan berat badan secara ekstrem
    5. Efek samping obat
    6. Penggunaan KB
    7. Gangguan hormonal
    8. dll.
    Untuk mengetahui penyebab keterlambatan menstruasi Anda maka pemeriksaan langsung ke dokter kandungan dan tes medis seperti USG dan tes darah dll akan diperlukan. Dengan begitu penyebab dari keluhan Anda bisa diketahui dan diberikan pengobatan yang sesuai. Keputihan yang berubah warna ( walaupun tidak berbau) masih perlu dicurigai akan adanya infeksi. Infeksi vaginosis bakterial bisa terjadi namun biasanya akan diserati bau vagina yang menyengat dan masam. Pemastian akan diperlukan dengan melakukan tes lendir vagina Anda. Dengan begitu dokter bisa memberikan pengobatan secara bersamaan. Berolahraga secara teratur, makan nutrisi seimbang , cukup istirahat dan mengelola stress dengan baik bisa memperlancar siklus menstruasi Anda. Jika terjadi keterlambatan menstruasi > 2 minggu maka sebaiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter. Baca topik Menstruasi terlambat dan Keputihan. Semoga bermanfaat.   dr. Yusi

    Dwi Oktaviani  Dwi Oktaviani
    Anggota

    Oya dok saya sebelumnya tidak pernah batuk berdahak dan beberapa hari setelah lebaran kemarin saya batuk berdahak yg susah dikeluarkan dahaknya, hingga sekrg terkadang mash batuk berdahak, apa ada hubungannya dok batuk berdahak saya dengan saya belum menstruasi juga sampai saat ini ?