Tanya Dokter

  • Telat datang bulan, hamilkah atau stress?

  •  Nica Tajima
    Anggota

    malam dok maaf, tolong jawab pertanyaan saya sebelumnya. Saya blm haid, setelah sblmnya saya melakukan hubungan dgn tunangan, dia selalu pakai pengaman sekalipun tidak menggunakan pengaman spermanya tidak pernah dikeluarkan di Ms.v saya, saya juga sudah melakukan testpack dan hasilnya negatif, tapi hingga hari ini saya blm juga haid. Tapi sblmnya juga saya sempat stress karena menghadapi berbagai macam masalah, apa ini berpengaruh? Tolong penjelasannya dok terima kasih

    Halo,   Ya. Stress psikis berlebih akan berpengaruh kepada siklus menstruasi Anda. Hal ini disebabkan karena saat stress tubuh akan memproduksi hormon tertentu yang akan membuat ketidak seimbangan hormonal pada tubuh wanita dan akhirnya menyebabkan gangguan menstruasi. Penyebab lain telatnya menstruasi Anda bisa juga disebabkan karena :

    1. Kehamilan
    2. Stress psikis = kecemasan , depresi dll.
    3. Gangguan hormonal.
    4. Sindrom polikistik ovarii.
    5. Olahraga ekstrem berlebih.
    6. Penurunan berat badan secara ekstrem.
    7. Dll.
    Untuk mengetahui apa penyebab dari telatnya menstruasi Anda maka Anda bisa melakukan pemeriksaan ke dokter kandungan. Dokter kandungan akan melakukan pemeriksaan fisik secara langsung dan melakukan tes medis lain seperti USG, tes darah, tes urine dll. Dengan mengetahui penyebab telatnya menstruasi Anda maka pengobatan bisa diberikan sesuai dengan kondisi Anda. Untuk memperlancar siklus bulanan Anda, Anda busa melakukan beberapa cara seperti :
    1. Olahraga ringan teratur.
    2. Makan gizi seimbang.
    3. Istirahat cukup.
    4. Kelola stress dengan baik.
    5. Melakukan relaksasi seperti massage, yoga, meditasi dll.
    Baca topik Alasan menstruasi tidak teratur. Semoga membantu.   Dr. Yusi