Tanya Dokter

  • Merasakan tanda kehamilan namun testpack negatif

  •  Meyra
    Anggota
    Assalamualaikum doktor, saya sudah berkahwin selama 9 bulan, saya masih lambat datang haid selama 4 bulan, tapi sebelum ini saya pernah lambat datang haid selama 2 bulan. UPT negatif. Sejak akhir² ini saya kerap sakit kepala, mual di tengahari dan malam. sebelum ini, saya selesa sedikit kalau suami merokok dekat dengan saya, tapi sekarang, bau asap rokok tu semakin lama semakin menusuk di hidung saya. berat badan saya menaik, perut dan lengan saya ada garis² warna merah,perut bawah pusat saya kadang² ngeri. harap doktor dapat membantu saya..

    Halo

    Terima kasih atas pertanyaannya pada Alodokter

    Salah satu tanda kehamilan memang adanya terlambat haid yang dapat dipastikan dengan menggunakan sebuah pemeriksaan sederhana yaitu pemeriksaan testpack. Penggunaan testpack sebaiknya dilakukan sekitar 9-12 hari dari hari keterlambatan menstruasi. Karena pada dasarnya alat testpack ini mengukur kadar hormon HCG didalam urin ibu, dan peningkatan hormon tersebut membutuhkan waktu sekitar 1 minggu untuk terdeteksi pada urin. Selain dengan menggunakan testpack, pemeriksaan kadar hormon HCG dalam darah juga sangat membantu untuk menentukan adanya kehamilan atau tidak namun tes ini membutuhkan waktu yang lebih lama bila dibandingkan dengan testpack.

    Bila hasil pemeriksaan pertama negatif menggunakan testpack, maka pemeriksaan tersebut sebaiknya diulang satu minggu kemudian. Bila hasilnya masih negatif namun anda mengalami tanda kehamilan, atau hasil dari pemeriksaan menunjukan hasil positif (terdapat dua garis berwarna merah) Anda bisa langsung mengunjungi dokter kandungan untuk dilakukan pemeriksaan kehamilan dengan USG.

    Sekian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

    dr. Winda Indriati